Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saat 600 Penari Aceh Berlatih Jelang Kunjungan Presiden Jokowi ke Gedung di Aceh Besar

Penari yang berpartisipasi untuk acara peresmian Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) begitu antusias. 

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Saat 600 Penari Aceh Berlatih Jelang Kunjungan Presiden Jokowi ke Gedung di Aceh Besar
Dokumentasi
Penari yang berpartisipasi untuk acara peresmian Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH), membludak. Antusiasme mereka terlihat dalam sesi latihan perdana di Taman Sulthanah Shafiatuddin, Kota Banda Aceh, Kamis (22/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penari yang berpartisipasi untuk acara peresmian Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) begitu antusias. 

Hal ini terlihat dari membludaknya peserta dalam sesi latihan perdana di Taman Sulthanah Shafiatuddin, Banda Aceh.

“Hari ini, seperti yang kita lihat, program latihan bersama. Itu akan dilaksanakan untuk beberapa hari ke depan dan hari ini luar biasa antusiasme kawan-kawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan Amanah ini,” kata salah seorang pelatih tari, Zunaidillah Zakaria, Jumat (23/8/2024).




Pada kesempatan itu, para peserta terlebih dahulu dikenalkan kepada tim pelatih yang melibatkan pelatih nasional maupun lokal

Zunaidillah atau yang akrab disapa Aidil merupakan salah seorang pelatih tari asal Aceh yang berpartisipasi.

Mereka berkolaborasi membuat pertunjukan seni kolosal dan spektakuler untuk peresmian Gedung Amanah di Kawasan Industri Aceh, Ladong, Aceh Besar.

Acara pada 8 September 2024 nanti rencananya juga dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BERITA TERKAIT

Aidil mengakui acara tersebut sangat istimewa bagi masyarakat Aceh. Tak heran, para penari yang ingin berkontribusi saat ini membludak sampai melebihi jumlah yang ditargetkan di awal.

“Tadinya, kawan-kawan coba menargetkan sekitar 500-an (penari). Dari hasil data yang kita dapatkan, hari ini luar biasa antusiasme dari para pelaku seni yang ada di Aceh sehingga mencapai sekitar 600-an lebih,” tuturnya.

Sebelumnya, Amanah telah membuka pendaftaran secara daring untuk mengikuti audisi penari. Adapun, persyaratan untuk peserta audisi penari di antaranya berusia 16-30 tahun dan terbuka bagi laki-laki maupun perempuan.

Para penari diseleksi oleh para ahli di bidangnya seperti Denny Malik, Mira Natalia, Melissa Franklien Regina, Agustinus Dwi Kriswanto, Asep Nugraha dan Furqon Azamsyah. 

Selain itu, mereka juga bekerja sama merancang konsep penampilannya nanti.

Mereka memastikan akan menyajikan pertunjukkan musik, tari dan kesenian lain secara kolosal dan spektakuler. Pertunjukkan tersebut mengusung akulturasi budaya tradisional di Aceh dengan unsur modern dan berjiwa muda.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelatih dan penari yang terlibat. Terlebih, waktu persiapan yang tersisa juga diakui cukup singkat.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Resmikan Gedung Amanah di Aceh, Para Penari Ikuti Audisi Tarian Ranup Lampuan

“Tantangan yang luar biasa, bagaimana untuk mempersiapkan beberapa hari ke depannya ini. Itu tantangannya luar biasa dengan waktu yang sangat singkat. Insyaallah kita optimistis kalau dilihat dari (kemampuan) peserta yang hadir,” kata Aidil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas