Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Dinilai Penting Dilakukan di Sekitar Kawasan Industri Nikel

Pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan dinilai penting dilakukan mendukung inisiatif kelompok tani.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Dinilai Penting Dilakukan di Sekitar Kawasan Industri Nikel
istimewa
Suasana sosialisasi budidaya pertanian kepada dua kelompok tani di Sanggar Tani Kelurahan Ulu Wolo, Kolaka, Sulawesi Tenggara. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan dinilai penting dilakukan.

Hal itu sebagaimana dilakukan perusahaan nikel nasional Ceria Nugraha Indotama yang berupaya konsisten dalam mendukung inisiatif kelompok tani.

Hal ini sejalan untuk mendukung ketahanan pangan di sekitar industri nikel di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang berorientasi menghasilkan green nickel product, perusahaan yang sedang dalam tahap akhir penyelesaian smelter ‘Merah Putih’ itu ingin memastikan industri pertambangan yang sedang dikembangkan saling mendukung, dengan pertanian hijau yang diprakrasai oleh masyarakat sekitar tambang.

Ada dua kelompok tani binaan Ceria yang fokus menjalankan praktik pertanian berkelanjutan l, yakni Kelompok Tani Anaiwoi dan Kelompok Tani Genjer. 

Keduanya menerapkan metode bercocok tanam yang berfokus pada keberlanjutan ekologi dan ekonomi. Prinsip utamanya adalah penggunaan sumber daya yang bijaksana, seperti pemupukan organik, pengendalian hama alami, dan pola tanam yang ramah lingkungan.

BERITA TERKAIT

Tujuan utamanya untuk mencapai ketahanan pangan jangka panjang tanpa merusak keanekaragaman hayati dan kualitas lingkungan.

Untuk memperkuat praktek pertanian berkelanjutan oleh para petani tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan Petrokimia Gresik melaksanakan pelatihan, supervisi dan sosialisasi budidaya pertanian kepada dua kelompok tani tersebut di Sanggar Tani Kelurahan Ulu Wolo.

Kegiatan diawali oleh tim yang memastikan pemanfaatan pupuk NPK Phonska Plus non-subsidi sebanyak 3,2 ton dan penerapan yang optimal sprayer pertanian elektrik yang telah disalurkan sebelumnya Petrokimia Gresik dan Ceria kepada para petani, pada Agustus 2024 lalu.

Dalam kegiatan ini juga, Petrokimia Gresik mengirimkan 1 (satu) tim lengkap beserta unit mobil laboratorium uji tanah untuk memberikan pendampingan yang lebih komprehensif. 

Dengan adanya tim unit mobil uji tanah, para petani secara langsung bisa mengetahui hasil analisa tanah lahan mereka dan langsung mendapatkan saran penggunaan jenis pupuk yang tepat bagi pemanfaatan lahan yang lebih tepat guna.

Adriantito Salim Lamo, Manager Corporate Communication sekaligus Interim Manager Dept. PPM, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para petani agar dapat memaksimalkan hasil pertanian melalui praktik agrikultur yang lebih efisien dan berkelanjutan.

“Para petani mendapatkan pelatihan dan edukasi tambahan mengenai pengelolaan lahan, khususnya terkait kadar tanah, pemupukan yang efektif, serta penentuan waktu pemupukan yang optimal,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (17/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas