Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS: Bawaslu DKI Jakarta Hentikan Penanganan Laporan Dugaan Janji Fasilitas Rumah Jokowi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta menghentikan penanganan laporan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu dengan terlapor Jokowi.

Penulis: Daryono
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in BREAKING NEWS: Bawaslu DKI Jakarta Hentikan Penanganan Laporan Dugaan Janji Fasilitas Rumah Jokowi
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Presiden Jokowi yang juga Capres nomor urut 01 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta menghentikan penanganan laporan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu dengan terlapor calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi).

Laporan itu terkait dengan kehadiran Jokowi di deklarasi dukungan alumni Universitas Indonesia (UI) pada 12 januari 2019 lalu.

Jokowi dilaporkan karena menjanjikan pemberian fasilitas keuangan untuk perumahan. 

Penghentian penanganan laporan tertuang di laman resmi Bawaslu DKI Jakarta, jakarta.bawaslu.go.id, Rabu (6/2/2019).

Dalam status laporan yang dipublikasikan, ucapan Jokowi yang menyampaikan kepada peserta menjanjikan memberikan fasilitas keuangan untuk perumahan, tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilu sebagaimana diatur dalam Pasal 275 (1) pasal 276 ayat (2) Juncto Pasal 492 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Status laporan itu ditandangani Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri, tertanggl 6 Februari 2019. 

Selengkapanya status laporan Bawaslu DKI Jakarta ada di tautan ini.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Provinsi DKI Jakarta melaporkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo ke Bawaslu DKI Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Sekretaris Bidang Advokasi BPP DKI Jakarta Mohamad Taufiqurrahman menyatakan, laporan itu terkait kegiatan deklarasi dukungan alumni sejumlah perguruan tinggi pada Sabtu (12/1/2019).

"Melaporkan dugaan tindak pidana pemilu yang dilakukan oleh salah satu kontestan pemilu dalam hal ini capres 01 Pak Joko Widodo dalam agenda kegiatan Iluni for Jokowi," kata Taufiq di Kantor Bawaslu DKI Jakarta.

Taufiq menuturkan, pihaknya mengadukan Jokowi karena capres tersebut menyampaikan janji akan memberi fasilitas rumah murah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan sepeda saat menghadiri deklarasi dukungan alumni dari sejumlah universitas di Plaza Tenggara GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019). Jokowi menggunakan sepeda buatan anak bangsa pada acara tersebut selain para alumni UI, sejumlah alumni dari berbagai alumni juga hadir, seperti Alumni Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Trisakti. (Tribunnews/Jeprima)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan sepeda saat menghadiri deklarasi dukungan alumni dari sejumlah universitas di Plaza Tenggara GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019). Jokowi menggunakan sepeda buatan anak bangsa pada acara tersebut selain para alumni UI, sejumlah alumni dari berbagai alumni juga hadir, seperti Alumni Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Trisakti. (Tribunnews/Jeprima) (Tribunnews/JEPRIMA)

Menurut Taufiq, janji seperti itu hanya bisa disampaikan lewat kegiatan rapat umum yang baru dimulai pada 24 Maret 2019 mendatang.

"Janji atau program itu kan boleh disampaikan dalam rapat umum yang dibolehkan pada tanggal 24 Maret nanti. Ya kasarnya colong start-lah," ujar Taufiq.

Laporan tersebut diterima Bawaslu DKI dengan nomor registrasi 006/LP/PP/Prov/1200/1/2019.

Perwakilan BPP Prabowo-Sandi DKI Jakarta setelah melaporkan Capres Joko Widodo di Kantor Bawaslu DKI, Rabu (16/1/2019).
Perwakilan BPP Prabowo-Sandi DKI Jakarta setelah melaporkan Capres Joko Widodo di Kantor Bawaslu DKI, Rabu (16/1/2019). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Taufiq juga melengkapi laporannya dengan sejumlah barang bukti yaitu rekaman pidato Jokowi, tautan pemberitaan media, dan berkas visi-misi Jokowi-Ma'ruf. 

(Tribunnews.com/Daryono)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas