Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Trik Reza Rahadian Hidupkan Tokoh HOS Tjokroaminoto

Berperan sebagai HOS Tjokroaminoto, tokoh yang sudah meninggal, bagaimana cara Reza mendalami karakter sebagai seorang HOS Tjokroaminoto?

Penulis: Achmad Rafiq
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Trik Reza Rahadian Hidupkan Tokoh HOS Tjokroaminoto
TRIBUNNEWS.COM/ACHMAD RAFIQ
Cuplikan adegan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang akan tayang pada 9 April 2015 mendatang di seluruh Bioskop Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Setelah sukses membintangi peran sebagai Habibie pada film 'Habibie dan Ainun', kini aktor Reza Rahadian kembali didapuk untuk memerankan salah satu tokoh pendiri negeri ini.

Kali ini, dia bermain pada film arahan sutradara Garin Nugroho yang berjudul 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto'.

Berbeda dengan film 'Habibie dan Ainun', pada filmnya kali ini, dia memerankan sosok HOS Tjokroaminoto, tokoh yang sudah meninggal. Lantas, bagaimana cara Reza mendalami karakter sebagai seorang HOS Tjokroaminoto?

"Saya mempelajari bahasa tubuh lewat foto-foto yang cukup banyak. Di film ini, saya banyak bertanya sampai mungkin Mas Garin bosen," ucap Reza saat jumpa pers di film 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Mulai dari cara duduk, berdiri hingga cara beliau berpidato di depan masyarakat saat itu," lanjutnya.

Jika dibandingkan dengan perannya sebagai Habibie, Reza punya pandangan sendiri. Menurutnya, memerankan tokoh sejarah yang masih hidup maupun telah tiada punya kesulitan tersendiri.

BERITA REKOMENDASI

"Dua-duanya punya kesulitan masing-masing. Kalau orangnya ada pasti kami langsung dibandingkan dan itu penilaiannya akan menjadi objektif," ucap Reza.

Pria peraih penghargaan aktor terbaik 2013 ini mengaku, untuk memerankan tokoh yang telah tiada, tentu punya kesulitan tersendiri. Dia harus siap dibanding-bandingkan dengan versi aslinya.

"Kalau memerankan orang yang sudah tidak ada, bila miss interpretasi atau asal-asalan atau tidak well prepared , maka tokohnya juga akan menjadi
tidak bermakna," tuturnya.

Film drama biopik ini rencananya tayang pada 9 April 2015. Sejumlah pemain seperti Tanta Ginting, Christine Hakim, Ibnu Jamil, Chelsea Islan, Sujiwo Tejo, Maia Estianty, Alex Abbad, Putri Ayudya, dan masih banyak lagi juga ikut bermain pada film berdurasi sekitar 160 menit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas