Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Si Doel The Movie Bisa Tayang Karena Mak Nyak, Syuting Dilakukan Khusus di Rumah Aminah Cendrakasih

Ada andil besar aktris kawakan Aminah Cendrakasih (80) pada lahirnya film Si Doel The Movie.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Si Doel The Movie Bisa Tayang Karena Mak Nyak, Syuting Dilakukan Khusus di Rumah Aminah Cendrakasih
instagram
Rano Karno menjenguk Aminah Cenderakasih. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada andil besar aktris kawakan Aminah Cendrakasih (80) pada lahirnya film Si Doel The Movie.

Pemeran Mpok Lela alias Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan inilah yang meminta Rano untuk mengangkat kisah anak Betawi ini ke layar lebar.

“Si Doel The Movie ini jadi, juga karena support Nyak. Dia tidak hanya perlu uang, tapi juga butuh kerja dan karya. Nyak ini semangat banget saat syuting,” kata Maudy Koesnaedi saat datang ke redaksi Tribunnews.com Network di kawasan Palmeah Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018) sore.

Maudy mengaku masih kerap terharu, bahkan meneteskan air mata, setiap kali menceritakan pengalaman syuting bersama Aminah.

Karena permintaan Aminah pula Rano Karno sebagai sutradara film mengawali syuting filmnya tersebut bersama Aminah terlebih dulu, sebelum benar-benar menjalani syuting Si Doel The Movie.

Artis-artis pendukung film layar lebar Si Doel The Movie (kiri-kanan). Suti Karno, Rano Karno, Muhammad Fahreyza Anugrah (Rey Bong), Maudy Koesnaedi (tengah), Mandra Yusuf Sulaiman saat berkunjung ke Redaksi TRIBUNNEWS-WartaKota, Jakarta. Selasa (3/7/2018) (Wartakota/Nur Ichsan) *** Local Caption *** saat Promo Film Layar Lebar Si Doel The Movie  berkunjung ke Redaksi TRIBUNNEWS-WartaKota, Jakarta. Selasa (3/7/2018) (Wartakota/Nur Ichsan)
Artis-artis pendukung film layar lebar Si Doel The Movie (kiri-kanan). Suti Karno, Rano Karno, Muhammad Fahreyza Anugrah (Rey Bong), Maudy Koesnaedi (tengah), Mandra Yusuf Sulaiman saat berkunjung ke Redaksi TRIBUNNEWS-WartaKota, Jakarta. Selasa (3/7/2018) (Wartakota/Nur Ichsan) *** Local Caption *** saat Promo Film Layar Lebar Si Doel The Movie berkunjung ke Redaksi TRIBUNNEWS-WartaKota, Jakarta. Selasa (3/7/2018) (Wartakota/Nur Ichsan) (Warta Kota/Nur Ichsan (SAN))

Keputusan ini diambil Rano karena mengingat kondisi kesehatan Aminah.

“Syuting Si Doel The Movie ini dilakukan mumpung masih ada Nyak. Beliau yang terus bertanya kapan Doel bikin film. Adegan di film yang ada Mak Nyak diambil duluan sebelum kami benar-benar syuting di Jakarta dan Amsterdam,” kata Maudy lagi.

BERITA TERKAIT

Ia menyebut syuting bersama Aminah dilakukan medio Oktober 2017, sementara Si Doel The Movie baru mulai syuting Maret 2018.

Melihat kondisi fisik Aminah yang tidak sebaik dulu, Rano tidak bisa membawa Aminah jauh dari rumah dan tempat tidurnya.

Aminah Cendrakasih dan Benyamien S
Aminah Cendrakasih dan Benyamien S (NET)

Saat ini Aminah terbaring lemah diatas tempat tidur dan gerakannya mulai terbatas.

Ketika syuting Si Doel The Movie, Rano bahkan membuatkan set kamar Mak Nyak sendiri.

Kamar itu bahkan dibangun Rano di depan rumah tinggal Aminah, persis seperti kamar Mak Nyak yang ada didalam rumah Babe Sabeni, yang dibangun di Karnos Films di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dialog yang ada di skenario Si Doel The Movie yang harus dihafalkan Aminah pun sengaja dibuat Rano pendek.

Hapalkan Dialog dengan Lancar
Salah satu asisten Rano dimintanya terus menuntun Aminah untuk menghafalkan dialog-dialog pendek itu.

Namun tanpa diduga Rano, Aminah mampu menghafal semua dialog itu, bahkan terucap begitu lancar dan baik.

“Mak Nyak tetap semangat saat syuting. Dia malah penasaran dan mau lihat Si Doel The Movie ini setelah ditayangkan di bioskop. Saya bilang saja sama dia, ‘Nyak, nanti kalau filmnya udah ada (di bioskop), saya putarkan khusus di rumah Nyak aja,” kata Rano yang pernah menulis cerita film The Last Barongsai (2017) ini tersenyum. (kin/ari)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas