Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Mengenang Tsunami Aceh 2004, Sebanyak 240 Ribu Jiwa Melayang,Truk Serta Helikopter Jadi Saksi Bisu

Tsunami Aceh yang terjadi 14 tahun lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004 masih dikenang oleh warga Aceh melalui sejumlah museum yang dibangun pemerinta

Penulis: Grid Network
zoom-in Mengenang Tsunami Aceh 2004, Sebanyak 240 Ribu Jiwa Melayang,Truk Serta Helikopter Jadi Saksi Bisu
Kolase Kompas.com dan Instagram/museumtsunamiofficial
Mengenang Tsunami Aceh 2004, Sebanyak 240 Ribu Jiwa Melayang,Truk Serta Helikopter Jadi Saksi Bisu 

TRIBUNNEWS.COM - Tsunami Aceh yang terjadi 14 tahun lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004 masih dikenang oleh warga Aceh melalui sejumlah museum yang dibangun pemerintah Aceh.

Terdapat sejumlah museum yang khusus dibangun untuk mengenang kedahsyatan tsunami Aceh sekaligus menghormati para korban yang meninggal, di antaranya Museum Tsunami Aceh.

Berlokasi di Banda Aceh, Museum Tsunami Aceh menyimpan sejumlah saksi bisu dahsyatnya tsunami Aceh, seperti bangkai truk hingga helikopter yang terseret gelombang laut.

Mengutip situs kemdikbud.go.id, Museum Tsunami Aceh dibangun atas kerja sama Pemkot Banda Aceh dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Tujuan utama pembangunan museum seluas 2.500 m persegi ini tentu saja untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu yang disebut-sebut menelan korban lebih kurang 240,000.

Museum ini dibangun pada tahun 2006 di atas lahan seluas 10.000 persegi yang terletak di ibukota provinsi Aceh, yakni Banda Aceh.

Berdasarkan laman Wikipedia, Museum Tsunami Aceh dirancang oleh Ridwan Kamil sebelum ia menjadi gubernur Jawa Barat.

BERITA TERKAIT

Berikut sejumlah potret bukti dahsyatnya tsunami Aceh yang tersimpan rapi di Museum Tsunami Aceh seperti dihimpun Grid.ID dari Instagram.

Halaman selanjutnya

Sumber: Grid.ID
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas