Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Erie Suzan Awali Kariernya sebagai Penyanyi Rock, Piala Rhoma Irama Ubah Jalan Hidupnya

Erie Suzan (41) mengawali kariernya sebagai penyanyi sejak ia masih berusia 5 tahun.

Erie Suzan Awali Kariernya sebagai Penyanyi Rock, Piala Rhoma Irama Ubah Jalan Hidupnya
dok pribadi
Penyanyi dangdut Erie Suzan sebagai produser Rommy Putra tatkala merilis single barunya berjudul "Keraguan". 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM - Erie Suzan (41) mengawali kariernya sebagai penyanyi sejak ia masih berusia 5 tahun.

Di usia sebelia itu, Erie Suzan sudah tampil panggung ke panggung dari satu kota ke kota lainnya. Namun, kala itu ia bukan penyanyik dangdut.

"Sejak kecil aku sudah nyanyi rock," kata Erie Suzan ketika ditemui bersama Rommy Putra, saat berkunjung ke kantor redaksi Warta Kota dan Tribunnews, Palmerah, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2020).

Usianya terus bertambah, Erie mengakui mengikuti kompetisi festival musik rock se-Jawa Timur dan berhasil menjuarainya dengan hadiah bergabung bersama label dan mendapat kesempatan rekaman.

Baca: Sejak Pandemi Covid-19 Erie Suzan Fokus Menulis Lagu

"Ketika menang gabung lah sama label yang isinya ada Anggun C Sasmi, Slank, Jamrud, dan lain-lain. Cuma karena masih kecil tidak dapat kesempatan rekaman," ucapnya.

Beruntungnya, wanita kelahiran Lamongan, Jawa Timur, 30 Desember 1978 itu diajak manggung keliling kota di Indonesia dengan label rekaman, serta bersama Anggun C Sasmi hingga Slank.

Pedangdut Erie Suzan berpose saat mengikuti sesi foto di redaksi Tribunnews, Palmerah, Jakarta, Jumat (18/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pedangdut Erie Suzan berpose saat mengikuti sesi foto di redaksi Tribunnews, Palmerah, Jakarta, Jumat (18/9/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)

Namun, perjalanan karier menyanyi saat kecil tidak begitu panjang dirasakan oleh Erie hingga akhirnya ia pulang ke kampung halaman.

Baca: Cerita Rommy Putra Temui Erie Suzan untuk Wujudkan Mimpi Jadi Penyanyi

Ketika pulang ke Lamongan, Erie menerima selebaran sebuah kompetisi memperebutkan piala Rhoma Irama dengan hadiah uang tunai sebesar Rp 800 ribu.

"Untungnya aku menang. Jadi dapet piala dan hadiah uang tunai itu. Terus ada produser yang melihat aku di acara tersebut, nah aku diajak audisi ke label rekamannya dia," jelasnya.

Penyanyi dangdut, Erie Susan saat ditemui pada acara MNCTV Dangdut Awards di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2013). (Tribun Jakarta/Jeprima)
Penyanyi dangdut, Erie Susan saat ditemui pada acara MNCTV Dangdut Awards di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2013). (Tribun Jakarta/Jeprima) (Tribun Jakarta/JEPRIMA)

"Nah dari situ lah aku terjun ke penyanyi dangdut dan meluncurkan single 'Mabuk Duit' di tahun 1993 dan aku masih kelas 2 SMP. Ya aku akhirnya jadi pedangdut deh sampai sekarang dari situ," tambahnya.

Namun, Erie mengaku dirinya seakan tak akan kembali berkarier di industri musik dengan musik rock. Ia ingin fokus di dangdut dan ingin terus menelurkan sebuah karya.

"Rencananya karena pandemi gini enggak ada kerjaan, pengin fokus nulis lagu aja dan bikin karya. Rencananya mau bikin album ke-28," ungkapnya.

Meski industri musik dangdut terus melahirkan penyanyi pendatang baru yang bertalenta, Erie Suzan tidak takut memiliki saingan atau bersaing dengan mereka semua.

"Intinya mau terus berkarya aja," ujar Erie Suzan.

Ikuti kami di
Editor: Willem Jonata
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas