Tribun Seleb

Rano Karno Sebut Minimnya Sanggar Teater Menjadi Sebab Aktor Muda Gampang Redup

Rano Karno menyayangkan karena saat ini sanggar teater sudah jarang diminati.

Penulis: Mohammad Alivio Mubarak Junior
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Rano Karno Sebut Minimnya Sanggar Teater Menjadi Sebab Aktor Muda Gampang Redup
Warta Kota/Nur Ichsan
Rano Karno mengunjungi Kantor Redaksi Tribunnews dan Warta Kota di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat Warta Kota/Nur Ichsan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rano Karno menyayangkan karena saat ini sanggar teater sudah jarang diminati.

Padahal menurutnya, dengan adanya sanggar teater, lenong, dan lainnya dapat melahirkan aktor dan aktris yang berkualitas.

Ia pun menilai, aktor dan aktris muda Indonesia saat ini kebanyakan tidak bertahan lama masa jayanya di dunia film.

"Sangat disayangkan ya jaman sekarang banyak aktor muda tapi dua tahun ke depan itu udah redup namanya, karena mungkin attitudenya, kedisiplinannya," kata Rano Karno saat berkunjung ke Tribunnews, Senin (31/1/2022).

Baca juga: Pemain Teater Asal Rusia Alami Kecelakaan di Atas Panggung hingga Tewas

Baca juga: Zayyan Sakha Gugup Jadi Lawan Main Rano Karno dan Maudy Koesnaedi, Hanya Diam Saat Pertama Bertemu

Hal tersebut tak lepas dari kurangnya peminat sanggar teater saat ini.

Menurut Rano Karno, pelatihan-pelatihan akting sangat wajib dilakukan sebelum seseorang debut sebagai aktor atau aktris.

Penyanyi, Raisa Andriana atau Raisa saat berakting pada pembuatan video klip singlenya yang berjudul 'Pemeran Utama', di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2013). Konsep single 'Pemeran Utama' sedikit berbeda dengan video klip yang pernah dibuat Raisa sebelumnya. Dengan gaun putih Raisa akan bernyanyi di panggung teater yang dihiasi dengan lampu sorot dari kanan dan kiri panggung. (Tribun Jakarta/Jeprima)
Penyanyi, Raisa Andriana atau Raisa saat berakting pada pembuatan video klip singlenya yang berjudul 'Pemeran Utama', di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2013). Konsep single 'Pemeran Utama' sedikit berbeda dengan video klip yang pernah dibuat Raisa sebelumnya. Dengan gaun putih Raisa akan bernyanyi di panggung teater yang dihiasi dengan lampu sorot dari kanan dan kiri panggung. (Tribun Jakarta/Jeprima) (Tribun Jakarta/JEPRIMA)

Selain untuk lebih memperdalam kemampuannya, hal itu sangat baik untuk membentuk sikap dan kedisplinannya di lokasi syuting ataupun di luar.

"Dulu kan ada sanggar, lenong, itu yang membentuk mereka. Contohnya saya, sampai sekarang masih bertahan diumur segini," ujar Rano Karno.

"Tapi kalo aktor saat ini jarang yang bertahan lama, karena ya itu," jelasnya lagi.

Nama Rano Karno dikenal publik dari era 1970-an hingga 1980-an sebagai aktor melalui sejumlah film seperti Rio Anakku, Gita Cinta dari SMA, dan Taksi, serta sebagai Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada tahun 1990-an.

Selain aktor, Rano Karno juga dikenal sebagai penyanyi dan sutradara.

Hingga kini, ia pun masih aktif sebagai aktor. Film terbarunya yang akan tayang yaitu Pelangi Tanpa Warna pada 17 Februari 2022 di bioskop.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas