Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Drama Musikal 'Batu Gantung' Diangkat dari Legenda Batak di Sekitar Danau Toba: Tayang 21 Juli 2022

Satu karya Drama musikal dari kisah rakyat  di sekitar Danau Toba Sumatra Utara, berjudul Batu Gantung akan tayang pada 21 Juli 2022.

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Srihandriatmo Malau

Laporan wartawan TRIBUN-VIDEO.COM, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Satu karya Drama musikal dari kisah rakyat  di sekitar Danau Toba Sumatra Utara, berjudul Batu Gantung akan tayang pada 21 Juli 2022.

Karya tersebut merupakan sebuah hasil kolaborasi antara kesenian film dan teater.

Batu Gantung mengisahkan seorang gadis cantik jelita bernama Seruni yang putus asa karena dijadikan tumbal untuk membayarkan utang ayahnya.

Ceritanya pun populer di tanah Batak.

Naskahnya ditulis oleh Rio Silaen. Ia juga didapuk sebagai sutradara teater dan penulis lagu serta lirik.

Kisah Batu Gantung tersebut tentang sepasang kekasih yang hubungannya kandas karena perjodohan orang tua.

BERITA TERKAIT

Dikisahkan orang tua perempuan memiliki utang, sehingga harus merelakan putrinya dinikahkan dengan seorang yang ingin melunasi hutangnya tersebut.

Baca juga: Drama Musikal Batu Gantung Diangkat dari Legenda Tanah Batak, Tayang 21 Juli 2022

Dalam film tersebut menampilkan pakaian adat Batak, kain Songket dan Ulos.

Juga sedikit dibahas tentang sinamot dalam pernikahan khas Batak.

Sutradara film tersebut, Robin Moran mengatakan, tidak menggunakan banyak efek digital yang biasa digunakan dalam perfilman untuk mempertahankan look teaternya.

Sutradara Teater #musikaldirumahaja Gatot, Rama Soeprapto (kiri), Penata Musik #musikaldirumahaja Gatot, Ammir Gita (tengah), dan Sutradara Film #musikaldirumahaja Gatot dan Batu Gantung, Robin Moran (kanan) memberikan keterangan pers #musikaldirumahaja episode Gatot dan Batu Gantung di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Www.indonesiakaya.com berkolaborasi dengan BOOW Live, kembali menghadirkan web series andalannya yaitu #MusikalDiRumahAja, dengan mengangkat cerita rakyat tanah Jawa berjudul Gatot dan cerita dari tanah Batak berjudul Batu Gantung. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sutradara Teater #musikaldirumahaja Gatot, Rama Soeprapto (kiri), Penata Musik #musikaldirumahaja Gatot, Ammir Gita (tengah), dan Sutradara Film #musikaldirumahaja Gatot dan Batu Gantung, Robin Moran (kanan) memberikan keterangan pers #musikaldirumahaja episode Gatot dan Batu Gantung di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Www.indonesiakaya.com berkolaborasi dengan BOOW Live, kembali menghadirkan web series andalannya yaitu #MusikalDiRumahAja, dengan mengangkat cerita rakyat tanah Jawa berjudul Gatot dan cerita dari tanah Batak berjudul Batu Gantung. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Jadi pengikat untuk membuat properti dan orang melayang di udara dalam film tersebut tetap terlihat. Dalam film tersebut efek suara terdengar seperti suara film layar lebar.

Rencananya film tersebut akan tayang perdana pada 21 Juli 2022 pukul 19.00 WIB di kanal YouTube IndonesiaKaya.

Dalam penggarapannya, Rio berkolaborasi dengan Robin Moran selaku sutradara film, Gunnar Nimpuno, ICS selaku sinematografer, Pinkan Veronique selaku produser film, Fia Cinte selaku untuk produser, serta lwan Hutapea dan Novara selaku penta lampu dan lighting dalam produksi ini. 

Cast dan Tim Produksi Batu Gantung di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022).
Cast dan Tim Produksi Batu Gantung di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (Tribunnews.com/ Alivio)

Batu Gantung juga diwarnai dengan penampilan dari Jennie Rebecca selaku Seruni, Ricardo Simatupang selaku Doli, Haikal 'AFI' Baron Nasution selaku Among, Dhita Barus selaku Inong.

Serta Aurelia Agatha Tarigan selaku Seruni kecil, Joshua Panjaitan selaku Bonar dan tentunya penampilan Ensemble Youth and Kids Voice of Indonesia.

Batu Gantung ini merupakan episode kedua di tahun 2022 dari karya Indonesia Kaya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas