Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Pagelaran Sabang Merauke 2023 Hadirkan Harmonisasi Keindahan Budaya dan Kisah Para Pahlawan

Sederet pahlawan Indonesia mulai dari yang ikut perang hingga pahlawan di bidang lain, ditampilkan dalam gelaran Sabang Merauke 2023.

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pagelaran Sabang Merauke 2023 Hadirkan Harmonisasi Keindahan Budaya dan Kisah Para Pahlawan
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana
Penampilan Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' di Jiexpo Theater, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pagelaran Sabang Merauke hadir lagi di tahun 2023, kali ini mengusung tema besar Pahlawan Indonesia.

Sebuah pertunjukan musikal tahun ini menggabungkan keindahan tarian serta musik tradisional dengan kisah kepahlawanan.

Tribunnews.com mendapat kesempatan untuk ikut menyaksikan pertunjukan yang akan digelar 19-20 Agustus 2023 mendatang, untuk tamu umum.

Sekitar 300 seniman yang terlibat dalam pertunjukan itu, mulai dari tari, bernyanyi, hingga teatrikal.

Baca juga: Isyana Sarasvati Meriahkan Gelaran Sabang Merauke

Mengangkat tema besar Pahlawan Nusantara, sederet pahlawan Indonesia mulai dari yang ikut perang hingga pahlawan di bidang lain, ditampilkan dalam gelaran tersebut.

Beberapa nama pahlawan seperti Teuku Cik Ditiro, Amir Hamza, Siti Manggopoh, Butet Manurung, Budi Utomo, Sultan Hasanudin hingga Ibu Fatmawati diperagakan oleh beberapa penampil.

BERITA REKOMENDASI

Termasuk Isyana yang tampil sangat anggun memerankan tokoh Ibu Fatmawati dan menyanyikan lagu 'Melati Suci'.

Penampilan Isyana Sarasvati saat menjadi sosok Ibu Fatmawati di Pegelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara', Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023).
Penampilan Isyana Sarasvati saat menjadi sosok Ibu Fatmawati di Pegelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara', Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023). (Tribunnews.com/Bayu Indra Permana)

Kolaborasi iForte dan BCA di tahun ini memang ingin mengajak generasi muda bisa mengenal pahlawan Indonesia dan meneladani sikap kepahlawanan.

Butet Kartaredjasa tampil sebagai karakter seorang kakek yang membawakan benang merah cerita di pagelaran kali ini.

"Sosok pahlawan tak hanya yang mengangkat senjata semua bisa jadi sosok pahlawan," ucap Butet Kartaredjasa dalam dialognya di atas panggung Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara', Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023).

Dari segi lagu masih ada lagu-lagu daerah yang dihadirkan dalam pagelaran di tahun-tahun sebelumnya.

Namun untuk kareografi dan penceritaan, terlihat banyak perbedaan yang memberikan suasana baru dalam Pagelaran Sabang Merauke.

Baca juga: Berbusana ala Ibu Fatmawati, Isyana Sarasvati Tampil Syahdu di Pagelaran Sabang Merauke

"Ya yang pasti ini lebih megah dan spektakuler, di stage ini ada 300 seniman yang tampil di sini, juga dipadu oleh orchestra. Ini sekali main ada 2500 penonton yaa, terus bisa ada atraksi pemain, ini lebih beda dan lebih rumit," jelas CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group Aming Santoso.

"Makanya lewat pagelaran ini kami ingin masyarakat dapat menyelami kekayaan Nusantara dan makin mencintai budaya bangsa beserta para pahlawannya," lanjut Norisa Saifudin selaku Senior Vice President BCA.

Selain Isyana Sarasvati, akan hadir sederet penyanyi papan atas Indonesia, di antaranya, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto.

Mereka akan silih berganti menyanyikan 31 lagu daerah dan nasional yang akan membangkitkan semangat nasionalisme para penonton.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas