Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Brilliant Liu Cerita Tantangan Bikin Konten Edukasi untuk Anak Muda

Menurut Brilliant Liu, anak muda saat ini terbiasa dengan kemudahan teknologi yang menyediakan segala sesuatu secara instan. 

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Willem Jonata
zoom-in Brilliant Liu Cerita Tantangan Bikin Konten Edukasi untuk Anak Muda
Instargram
Brilliant Liu, seorang konten kreator. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Brilliant Liu, berbagi cerita tentang tantangan membuat konten edukasi untuk generasi muda. 

Menurutnya, tantangan terbesar adalah kebutuhan anak muda akan hal-hal instan di era digital ini.

"Susah-susah nggak susah, karena di satu sisi, saya terlahir sebagai seorang milenial tapi beruntungnya saya punya adik Gen Z dan juga punya tim di perusahaan yang mayoritas anak-anak Gen Z," beber Brilliant Liu kepada awak media, Minggu (7/7/2024).

"Banyaknya komunikasi dengan mereka dalam sehari-hari membuat saya jadi lebih mengerti dan relate terhadap mereka," katanya.

Pemilik akun instagram @brillian.liu itu menjelaskan bahwa anak muda saat ini terbiasa dengan kemudahan teknologi yang menyediakan segala sesuatu secara instan. 

"Tantangannya tuh anak muda sekarang maunya instan, karena terlahir di era yang di mana semuanya bisa didapatkan secara instan," bebernya.

BERITA REKOMENDASI

"Mau makan tinggal pesan gojek. Mau beli barang tinggal pesan di e-commerce. Butuh informasi, tinggal googling. Apalagi sekarang udah ada AI," jelas Brilliant.

Brilliant yang juga dikenal sebagai pengusaha itu menambahkan bahwa proses belajar tidak bisa secepat itu. Hal itu yang dirasakan saat menjadi influencer sekaligus pengusaha.

"Proses belajar itu nggak bisa instan. Jadi the missing point itu adalah gimana caranya nge-wire di otak anak-anak muda sekarang. Harus ada prosesnya. Karena the lessons are in the process. Kalau skip prosesnya ya bakalan miss out on the lessons," ungkapnya.

Konten yang dibuat oleh Brilliant fokus pada tips produktivitas dan efisiensi, khususnya untuk individu yang memiliki bisnis sendiri. 

Selain itu, ia juga membahas tentang Law of Attraction, kehidupan seorang entrepreneur, dan personal branding.

"Referensinya sih dari podcast, buku. Karena House of Leaders, saya jadi punya kesempatan untuk interview orang-orang hebat di dunia seperti Greg McKeown penulis buku Essentialism, Eric Edmeads Founder dari WildFit, David Bianchi aktor dan produser," lanjut Brilliant.

Ia juga mengungkapkan bahwa ia sering mendapatkan kiriman buku langsung dari para penulis ternama. 

"Aku juga dikirimi buku langsung sama Robin Sharma dan Vishen Lakhiani, ngomong sepanggung dengan Joel Brown yang pernah muncul di film Think and Grow Rich, dan juga Gerard Adams Co-Founder dari Elite Daily," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas