Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Matthew Fogarty, Pebulu Tangkis Tertua yang Ikut Kejuaraan Dunia

Tangannya masih memegang tas berisi raket. Sesekali dia mengusap keringat di kepala dan lehernya dengan handuk berwarna putih.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
zoom-in Matthew Fogarty, Pebulu Tangkis Tertua yang Ikut Kejuaraan Dunia
Tribunnews.com/Deodatus Pradipto
Pebulutangkis Amerika Serikat, Mathew Fogarty, setelah tampil pada babak 64 Besar Total BWF World Championships 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (10/8/2015). Berpasangan dengan Bjorn Seguin, Fogerty tumbang di tangan ganda putra Indonesia, Andrei Adistia/ Hendra Gunawan, 21-18 dan 21-8. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Matthew Fogarty menjadi peserta tertua dalam ajang Total BWF World Championships 2015 atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, dan tetap tampil cukup impresif pada usia 58 tahun.

Sejumlah wartawan tidak menyaksikan dari lapangan ketika ganda putra Indonesia, Andrei Adistia/ Hendra Gunawan, menghadapi pasangan Amerika Serikat, Mathew Fogarty/Bjorn Seguin, pada babak 64 besar di Istora Senayan, Senin (10/8/2015).

Mereka kemudian menunggu di mixed zone untuk mewawancarai Mathew Fogarty dan Bjorn Seguin selepas pertandingan. Sejumlah wartawan kemudian kaget ketika Fogarty dan Seguin berjalan ke arah mixed zone. Ada yang sempat mengira Fogarty adalah pelatih, namun perkiraan itu justru salah.

Keringat bercucuran di tubuh Fogarty. Tangannya masih memegang tas berisi raket. Sesekali dia mengusap keringat di kepala dan lehernya dengan handuk berwarna putih.

“Iya, usia saya 58 tahun,” ungkap Fogarty kepada para wartawan ketika dikonfirmasi mengenai usianya.

“Saya yakin masih bisa main jika masih baik-baik saja,” imbuh Fogarty soal kemungkinannya bermain dalam dua tahun ke depan.

Bagi Fogarty, yang layak disebut kakek ini menjadi Kejuaraan Dunia ketujuh di mana dia tercatat sebagai peserta. Dari total tujuh Kejuaraan Dunia, Fogarty mengikuti lima di antaranya. Dua kali dia absen karena batal bertanding.

BERITA TERKAIT

Bagi Fogarty, bulutangkis adalah olahraga terbaik di dunia. Dia pernah gantung raket lalu menempuh pendidikan di sekolah kedokteran dan menjadi dokter hingga saat ini. Fogarty kembali bermain bulutangkis dengan satu misi. Fogarty ingin menunjukkan bahwa bulutangkis adalah olahraga paling sehat, sekaligus olahraga individu terbaik.

“Saya menjaga kesehatan melalui hasrat saya sehingga pemain-pemain yang lebih muda datang dan melawan saya,” jelas Fogarty.

“Ini juga berkat Bjorn yang sangat luar biasa. Itulah sebabnya saya masih bermain,” imbuh Fogarty soal duetnya yang kelahiran 1990.
Bagaimana cara Fogarty menjaga kebugarannya di usia yang senja? “Saya berlatih enam hari sepekan. Setelah kerja, saya latihan pada malam hari,” kata Fogarty kepada Tribunnews.com.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas