Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Benarkah Indonesia Sudah Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032? Ini Kata Erick Thohir

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir bercerita tentang keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Benarkah Indonesia Sudah Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032? Ini Kata Erick Thohir
Tribunnews/Abdul Majid
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir saat ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir membenarkan bahwa Indonesia telah berkirim surat mengenai pengajuan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 yang ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden IOC, Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. 

Penyerahan surat tersebut dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadadenin pada Senin (11/2/2019). 

"Di sela-sela kesibukan kampanye, presiden pernah menyempatkan diri mendiskusikan hal tersebut. Benar, kini sudah resmi, Indonesia sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Erick Thohir dalam rilis yang diterima Tribunnews, Selasa (19/2/2019).

Lebih lanjut, Erick Thohir juga mengatakan bahwa keinginan Indonesia untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade semakin kuat setelah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018.

“Sesuai dengan apa yang pernah saya katakan, bahwa pasca-Asian Games 2018, akan ada pengajuan surat secara resmi. Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap. Buktinya, kita mampu menggelar Asian Games 2018 meski hanya memiliki dua tahun tiga bulan persiapan,” jelas Erick Thohir.

Bahkan, keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 itu sudah diungkapkan secara lisan oleh Presiden Jokowi saat Thomas Bach mengunjungi Indonesia pada 2018.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. 

Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028. (*)

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas