Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bincang Santai dengan Ketua KONI Marciano Norman: Saya Berdosa Kalau Menikmati Sendiri

Tidak ada lagi yang menanyakan kamu agama apa, dari suku mana, karena olahraga akan berujung pada satu prestasi yang sama, untuk bangsa dan negara.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Bincang Santai dengan Ketua KONI Marciano Norman: Saya Berdosa Kalau Menikmati Sendiri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KONI Pusat periode 2019-2023 Marciano Norman menjawab pertanyaan saat melakukan wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Kamis (11/7/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman resmi menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Periode 2019-2023. Kepastian itu ia dapatkan secara aklamasi dalam musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Pusat di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (2/7/2019) lalu.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu berbekal pengalamannya dalam mengurus cabang olahraga taekwondo dan karate. Marciano Norman pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) selama dua periode.

Marciano juga pernah menjadi Ketua Inkai Kalimantan Barat dan Pembina Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi).  Selepas pensiun sebagai anggota TNI, Marciano Norman memilih mendedikasikan dirinya untuk dunia olahraga. Pria 29 Oktober 1954 itu ingin memberikan tenaga dan pikirannya untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Hal tersebut yang membuat dia memutuskan mengikuti pencalonan ketua umum KONI dan terpilih.

"Akhirnya melihat dari yang saya miliki, passion saya kepada olahraga, sepertinya saya berdosa kalau menikmati ini untuk kepentingan saya sendiri," ujar Marciano kepada Tribun Network, Kamis (11/7/2019).

Baca: Marciano Norman Kantongi 35 Dukungan dari Pengurus Cabang Olahraga Maju Calon Ketum KONI Pusat

Bagaimana cerita Marciano Norman soal alasannya maju sebagai ketua umum KONI Pusat dan pekerjaan rumah apa saja yang harus dia lakukan selama menjabat? Berikut ini penuturannya kepada Tribun Network saat dijumpai di kantor KONI Pusat, Jakarta.

Apa yang melandasi Bapak ingin menjadi Ketua Umum KONI?
Pertama karena saya selama ini sudah berkecimpung di dunia olahraga dan saya sangat senang untuk melakukan kegiatan-kegiatan olahraga yang berkaitan dengan pembinaan olahraga.

Sebelum saya menjadi ketua KONI saya juga menjadi ketua umum Taekwondo Indonesia selama delapan tahun dan sebelum itu saya juga pernah jadi ketua karate di tingkat provinsi. Kemudian saya juga pernah jadi pengurus olahraga berkuda, saya juga pernah di olahraga-olahraga lain.

BERITA REKOMENDASI

Hal-hal seperti itu membuat olahraga ini menjadi salah satu bidang yang saya sukai. Dalam arti saya senang saya berada di tengah-tengah komunitas olahraga. Saya senang atlet-atlet itu berlatih, bekerja keras untuk mecapai cita-citanya. Saya senang juga melihat keluarga-keluarga pada hari Minggu mereka melakukan olahraga.

Jadi menurut saya setelah saya mengakhiri masa tugas saya dari TNI, setelah saya pensiun dari pejabat publik jadi kepala BIN, hal yang membuat saya bahagia adalah jika saya mengabdi, memberikan tenaga dan pikiran saya untuk prestasi olahraga Indonesia.

Saya ingin mendharmabaktikan tenaga dan pikiran saya untuk berkutat di organisasi olahraga.
Melaui olahraga saya juga ingin mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Saya ingin dunia selalu melihat Indonesia bagus.

Saya nilai Indonesia itu bukan hanya penduduknya sekitar 240 juta, tapi dari sekian ratus juta masyarakat itu potensi olahraganya terkelola maksimal. Itulah yang membuat saya tertarik untuk menjadi ketua umum KONI karena KONI ini adalah induknya organisasi olahraga di Indonesia.

Apabila saya menjadi ketua umum KONI pasti akan berhubungan erat dengan piminan cabang olahraga, pasti berhubungan erat dengan pemangku kepentingan di bindang olahraga, stakeholder seperti Kemepora, KOI, pimpinan cabor dan masyarakat yang gemar berolahraga.

Dengan saya bergabung dengan mereka saya selaku ketua KONI pusat, Insyaallah kita bisa bersinergi, kita bisa berkerjasama, kita bisa meraih cita-cita yang sama yaitu meraih Indonesia di tempat yang sangt terhormat melalui olahraga.

Bagaimana cara Anda memberikan kepercayaan kepada para voters?
Ketika saya bertatap muka dengan pimpinan cabang olahraga, saat itu saya menyampaikan saya ingin menjadi salah satu calon ketua umum. Saya sampaikan kepada mereka, saya ini harus bersyukur Allah SWT sudah memberikan saya segalanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas