Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menjadikan Indonesia Pusat e-Sport di Kawasan Asia Tenggara

Mobile game merupakan salah satu pasar yang dapat dimanfaatkan oleh developer game lokal untuk ikut bersaing meramaikan industri game dunia.

Menjadikan Indonesia Pusat e-Sport di Kawasan Asia Tenggara
HandOut/Ist
ILustrasi e-sport. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asia Tenggara merupakan kawasan yang mempunyai pertumbuhan e-sports yang cukup pesat dibandingkan beberapa kawasan lainnya di dunia.

Munculnya kompetisi e-sports di berbagai kesempatan, termasuk Asian Games, menjadi indikator industri e-sports di Asia Tenggara terus berkembang.

Beberapa turnamen kelas internasional juga digelar dan menjadi salah satu faktor yang membuat industri ini terus berkembang.

Menurut hasil riset Newzoo, Asia Tenggara merupakan kawasan dengan jumlah peningkatan penonton e-sports tercepat di dunia, dengan perkiraan jumlah penonton mencapai 31,9  orang di tahun 2019.

Kenaikan jumlah penonton e-sports juga dibarengi dengan mulai menjamurnya perusahaaan manajemen esports di Indonesia.

Pesatnya pertumbuhan e-sports di Asia Tenggara membuat UniPin, situs jual beli voucher game yang lahir pada tahun 2009, ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat industri esport di kawasan ini.

Apa yang diharapkan situs jual beli voucher game ini bukan angan- angan semata, pasalnya, Indonesia menjadi negara dengan pendapatan industri game terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Meski turun satu peringkat dari posisi 16 di tahun 2017, Indonesia berhasil menduduki posisi ke-17 dalam daftar 100 negara dengan pendapatan industri game terbesar di dunia.

Walau jumlah tersebut masih jauh di bawah Tiongkok dan Korea Selatan, namun menurut laporan berbagai lembaga survei, industri game di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar.

Game di Google Playstore dan App Store dapat diunduh secara gratis. Karena bersifat in app purchase, banyak item dan fitur yang terdapat di dalam gim yang harus dibeli ke pengembang game.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas