Tribun Sport

Olimpiade 2021

Greysia Pecahkan Rekor Atlet Tertua Peraih Emas BuluTangkis Olimpiade, Apri Pebulu Tangkis Termuda

Prestasi ini menjadikan Greysia sebagai atlet bulu tangkis peraih medali emas tertua di ganda putri sepanjang sejarah olimpiade.

Penulis: Muhammad Barir
Greysia Pecahkan Rekor Atlet Tertua Peraih Emas BuluTangkis Olimpiade, Apri Pebulu Tangkis Termuda
AFP/LINTAO ZHANG
Apriyani Rahayu dari Indonesia dan Greysia Polii dari Indonesia (kiri) merayakan kemenangannya setelah memenangkan pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. (LINTAO ZHANG/POOL/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO- LAGU kebangsaan Indonesia Raya akhirnya berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020 setelah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas.

Mereka meraih medali emas usai menaklukkan wakil China unggulan kedua, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan Senin (2/8) siang. Greys/Apri menang dua gim langsung 21-19, 21-15.

Prestasi ini menjadikan Greysia sebagai atlet bulu tangkis peraih medali emas tertua di ganda putri sepanjang sejarah olimpiade.

Sedangkan Apri menjadi atlet bulu tangkis peraih medali emas dengan usia termuda.

Sepanjang sejarah olimpiade, ada 13 pebulu tangkis Indonesia yang berpengalaman meraih medali emas. 13 pemain ini bermain di 8 sektor bulu tangkis.

Terdiri dari Susi Susanti (tunggal putri), Alan Budikusuma (tunggal putra), Rexy Mainaky dan Ricky Subagja (ganda putra), Tony Gunawan dan Candra Wijaya (ganda putra), Taufik Hidayat (tunggal putra), Hendra Setiawan dan Markis Kido (ganda putra), Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad (ganda Campuran), dan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (ganda putri).

Saat bertanding di partai final Olimpiade Tokyo 2020, ini menjadi rekor Greysia/Apriyani terbaru terkait usia atlet ganda putri.

Greysia Polii dari Indonesia merayakan kemenangan dengan Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021.
Greysia Polii dari Indonesia merayakan kemenangan dengan Apriyani Rahayu dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021. (Pedro PARDO / AFP)

Greysia Polii berusia 33 tahun 356 hari. Dia menjadi peraih medali emas tertua di ganda putri Olimpiade. Rekor sebelumnya dipegang oleh Zhang Ning dari China yakni 33 tahun 89 hari pada Olimpiade Beijing 2008.

"Greysia Polii #INA (33 tahun 356 hari) menjadi peraih medali emas Olimpiade Bulu Tangkis tertua! Dia memecahkan rekor sebelumnya, Zhang Ning dari China (33 tahun 89 hari) di Beijing 2008. Usia hanyalah angka! Greysia juga sekarang menjadi peraih medali putri tertua!" tulis akun BadmintonTalk di Twitter.

Apriyani Rahayu juga menorehkan prestasi istimewa. Dia menjadi atlet termuda peraih emas di ganda putri Badminton. Ini memecahkan rekor sejarah badminton Olimpiade dengan umur 23 tahun 3 bulan.

Atlet Indonesia Apriyani Rahayu merayakan kemenangan dengan Greysia Polii dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021.
Pedro PARDO / AFP
Atlet Indonesia Apriyani Rahayu merayakan kemenangan dengan Greysia Polii dari Indonesia dalam pertandingan semifinal bulu tangkis ganda putri melawan Shin Seung-chan dari Korea Selatan dan Lee So-hee dari Korea Selatan selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli, 2021. Pedro PARDO / AFP (Pedro PARDO / AFP)

"Dia dipasangkan dengan Greysia Polii pada 2017. Dia adalah pemain ganda putri termuda di Olimpiade Tokyo 2020. Dia peraih medali emas ganda putri pertama dari Indonesia. Dia adalah Apriyani Rahayu," tulis akun BadmintonTalk lagi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas