Tribun Sport

Olimpiade 2021

Sosok Muamar Qadafi, Pelatih Kevin Cordon Asal Solo, Indonesia yang Mentas di Amerika Latin

Sosok pelatih bulutangkis Indonesia yang berada di balik kesuksesan Kevin Cordon, tunggal putra Guatemala yang menembus semifinal Olimpiade 2021.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Daryono
Sosok Muamar Qadafi, Pelatih Kevin Cordon Asal Solo, Indonesia yang Mentas di Amerika Latin
PEDRO PARDO / AFP
Petenis Guatemala Kevin Cordon melakukan selebrasi bersama pelatih setelah mengalahkan pemain Korea Selatan Heo Kwang-hee dalam pertandingan perempat final bulu tangkis tunggal putra pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 31 Juli 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia sukses membuat sejarah di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade 2021, di mana ganda putri untuk pertama kalinya sejak 1992 meraih medali emas.

Mereka adalah Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, yang mengalahkan wakil China di partai final Chen Qhing Chen/Jia Yi Fan dua set langsung, 21-19 dan 21-15.

Selain Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sukses meraih medali emas, ternyata sosok di belakang pemain, yakni pelatih sangatlah krusial.

Satu di antaranya adalah pelatih Kevin Cordon, tunggal putra Guatemala yang sukses memberikan kejutan di Olimpiade 2021 dengan menembus babak semifinal.

Sosok itu adalah Muamar Qadafi, pelatih asal Indonesia yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Sorotan Olimpiade 2021 - Gegara Kecepatan Anthony Ginting, Skenario Indah Kevin Cordon Bubar Jalan

Pemain Guatemala Kevin Cordon merayakan dengan seorang pelatih setelah kemenangannya atas pemain Belanda Mark Caljouw dalam pertandingan babak 16 besar bulu tangkis tunggal putra selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 29 Juli 2021.
Pemain Guatemala Kevin Cordon merayakan dengan seorang pelatih setelah kemenangannya atas pemain Belanda Mark Caljouw dalam pertandingan babak 16 besar bulu tangkis tunggal putra selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 29 Juli 2021. (Pedro PARDO / AFP)

Bagi Qadafi, Guatemala bukanlah negara asing karena ini merupakan periode kepelatihannya yang kedua di Guatemala.

"Periode pertama dari 2009 hingga 2010. Periode kedua 2017 hingga sekarang," kata Muamar Qadafi dikutip dari Badminton Asia.

Anak asuhnya, Kevin Cordon mampu menyita dunia saat tampil di Olimpiade 2021.

Di babak fase grup, Kevin Cordon mengalahkan Lino Munoz dua set langsung.

Kemudian mengalahkan unggulan 9 dunia asal Hong Kong, Ka Long Angus Ng.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas