Tribun Sport

13 Pebasket Muda Gabung Seleknas Bersama Pebasket Indonesia Patriots Dan Beberapa Senior Timnas

Mereka adalah para pemain Indonesia Patriots musim lalu dan beberapa penggawa Timnas Senior. Kemudian pemanggilan kembali dilakukan terhadap 13 pemain

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in 13 Pebasket Muda Gabung Seleknas Bersama Pebasket Indonesia Patriots Dan Beberapa Senior Timnas
indonesiabasketball.or.id
13 Pebasket Muda Gabung Seleknas Bersama Pebasket Indonesia Patriots Dan Beberapa Senior Timnas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PP Perbasi memiliki stok melimpah dalam membangun kekuatan Timnas Bolabasket Indonesia. Saat ini, federasi bolabasket Indonesia itu memiliki setidaknya 75 pemain muda.

Rinciannya, 20 nama yang dipanggil masuk training center (TC) sejak 12 September lalu di GBK Arena Senayan.

Mereka adalah para pemain Indonesia Patriots musim lalu dan beberapa penggawa Timnas Senior. Kemudian pemanggilan kembali dilakukan terhadap 13 pemain muda.

Mereka adalah amunisi beberapa klub IBL Indonesia dan pemain dari Seleknas Indonesia Patriots. Mereka berlatih secara terpisah di GBK Arena sejak 18 September 2021.

Lalu ada pemanggilan 50 pemain hasil seleksi di 10 provinsi yang dilakukan PP Perbasi sejak pada 9 Agustus hingga 6 September 2022.

Delapan di antara daftar pemain yang masuk dalam seleknas Indonesia Patriots ini juga masuk dalam pemanggilan 13 nama sebelumnya. Jadi sedikitnya total ada 75 pemain muda yang dikoleksi PP Perbasi.

"Kita seleksi untuk pemain muda. Kita cari pemain terbaik dari seluruh Indonesia untuk membentuk Tim U-18, Tim Patriots, dan Timnas Senior. Ini pekerjaan yang tidak mudah.

Namun saya senang dengan ini. Kita lihat organisasi permainan bagus, fisik, dan penampilan mereka juga bagus. Mereka telah siap bekerja keras untuk ini," ungkap Pelatih Timnas Indonesia, Milos Pejic.

Dari penilaian Milos, para pemain muda ini tidak kalah kualitasnya. Mereka bagus. Mereka hanya butuh jam terbang.

Manajer Timnas 5x5 Putra, Jeremy Imanuel Santoso mengatakan, proses yang dilakukan ini adalah tahapan awal dalam pembentukan Timnas.

"Ini persiapan awal. Pemain muda ini kita siapkan untuk regenerasi. Tapi juga jangan lupa kita target di SEA Games ke depan adalah pertahankan apa yang kita dapatkan di SEA Games terakhir. Kita ingin pertahankan medali emas," ungkap Jeremy.

Lanjutnya, tahap pertama ini akan berlangsung sampai Desember nanti. Untuk kepentingan program timnas, seleksi untuk pemanggilan 20 nama akan dikerucutkan menjadi 15 nama. Mereka nantinya akan diberikan pengalaman berbeda dengan berlatih di Las Vegas.

"Untuk pengerucutan 15 nama ini akan dilakukan tanggal 29 September. Kita akan berangkat ke Las Vegas setelah pengurusan visa selesai," ungkapnya.

Dikatakan Jeremy, untuk pemain senior seperti Arki Wisnu, Juan Laurent, Abraham Damar, Andakara Prastawa, Vincent Kosasih, Agassi Goantara akan join di November. Kemudian empat pemain di luar negeri seperti Marques Bolden, Derrick Michael, Brandon Jawato, Agassi Goantara tetap akan dipakai jasanya. Mereka akan join ke tim saat jadwal mereka kosong.

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih menjelaskan, komposisi pemain di timnas kombinasi pemain muda dan senior. Namun dia juga berharap pemain muda bisa diberikan kesempatan lebih.

"Kita berharap pemain muda diberdayakan. Kita lihat Patriots di IBL tiap tahun stepnya naik terus. Jadi jangan sampai nanti kita kesulitan menggantikan pemain senior karena usianya," jelasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas