Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

MotoGP 2023: Isu Tukar Guling Joan Mir dengan Alex Rins Mencuat, Bos LCR Honda Meradang

Bos LCR Honda Idemitsu membantah adanya skenario tukar guling antara Joan Mir dengan Alex Rins pada MotoGP 2023 ataupun musim depan.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in MotoGP 2023: Isu Tukar Guling Joan Mir dengan Alex Rins Mencuat, Bos LCR Honda Meradang
MIRCO LAZZARI GP / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFP
AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: (LR) Fabio Quartararo dari Prancis dan Monster Energy Yamaha MotoGP Team dan Alex Rins dari Spanyol dan LCR Honda Castrol dan Lucio Cecchinello dari Italia merayakan podium di akhir balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Berlomba pada 16 April 2023 di Austin, Texas. 

TRIBUNNEWS.COM - Isu tukar guling pembalap tim Honda Racing Corporation (HRC) antara Joan Mir dengan Alex Rins merebak di garasi tim MotoGP 2023.

Rumor perpindahan antar dua pembalap Honda ini berhembus kencang setelah Alex Rins meraih kemenangan fantastis pada MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA) 17 April lalu.

Banyak yang menyebut, keberadaan Joan Mir di Repsol Honda dan Alex Rins bersama LCR Honda Castrol bak kisah rider yang tertukar.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2023 Lengkap Jam Tayang Trans7: Hari Ini Libur Balapan, Vinales Pede Podium di Jerez

Bagaimana tidak, Alex Rins sukses menjawab kepercayaan LCR Honda lewat torehan podium utama. Bahkan mantan rider Suzuki Ecstar ini bersaing di top three klasemen MotoGP 2023.

Rins menduduki tangga ketiga dengan koleksi 47 poin, alias terpaut 17 angka dari penghuni urutan pertama, Marco Bezzecchi yang menggawangi Mooney VR46.

Sayangnya, Joan Mir yang juga didatangkan HRC dari tim Suzuki Ecstar tampil kurang memuaskan bersama Repsol Honda.

Mendapatkan spek motor yang 'sedikit lebih baik' ketimbang RC213V milik Rins, nyatanya juara dunia MotoGP 2020 ini kesulitan bersaing di grid depan.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan pada grand prix Amerika, Mir gagal menghasilkan poin setelah mengalami crash yang berujung Did Not Finish (DNF).

AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: Alex Rins of Spain dan LCR Honda Castrol merayakan kemenangan di podium pada akhir balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Race pada 16 April 2023 di Austin, Texas. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP
AUSTIN, TEXAS - APRIL 16: Alex Rins of Spain dan LCR Honda Castrol merayakan kemenangan di podium pada akhir balapan MotoGP selama MotoGP Of The Americas - Race pada 16 April 2023 di Austin, Texas. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP (MIRCO LAZZARI GP / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Ini yang kemudian memunculkan rumor soal tukar guling Alex Rins mengisi kursi pembalap pabrikan Honda bertandem dengan Marc Marquez. Sedangkan Joan Mir 'diungsikan' ke LCR Honda mendampingi Takaaki Nakagami.

Rumor yang beredar ini sontak membuat bos tim LCR Honda, Lucio Cecchinello meradang. Dia menyebut kontrak pembalapnya ialah dua musim bersama tim satelit Honda.

“Itu tidak masuk akal. Perubahan tim seperti itu tidak mungkin dilakukan. Saya bisa jamin itu,” tegas Cecchinello, dikutip dari Speedweek.

Sebelumnya, mantan petinggi tim LCR Honda, Oscar Haro, menyampaikan pendapatnya bahwa Rins bisa saja merebut posisi Mir di Repsol Honda.

Penilaian ini berdasarkan hasil Rins dan Mir sejauh ini.

Tukar gulung antara Mir-Rins terbilang kecil terjadi selama kedua pembalap masih terikat kontrak.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas