Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

SEA Games 2023: Tak Kuasa Tandingi Ratu Voli ASEAN, Vietnam Posisikan Timnas Indonesia sebagai Rival

Pelatih Vietnam Nguyen Tuan Kiet memposisikan Timnas voli putri Indonesia sebagai saingan di SEA Games 2023 karena tak mampu saingi dominasi Thailand.

Penulis: Drajat Sugiri
zoom-in SEA Games 2023: Tak Kuasa Tandingi Ratu Voli ASEAN, Vietnam Posisikan Timnas Indonesia sebagai Rival
Instagram @voligram
Timnas Bola Voli Putri di Ajang Kualifikasi Olimpiade 2020 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih tim voli putri Vietnam, Nguyen Tuan Kiet, mengklaim skuadnya belum bisa menandingi Thailand pada SEA Games 2023 Kamboja.

Sebagai gantinya, Nguyen Tuan Kiet memfokuskan tim voli putri Vietnam untuk membidik target realitis yakni meraih medali perak di SEA Games 2023.

Ini menandakan Vietnam menempatkan Timnas voli putri Indonesia sebagai saingan. Mengingat Wilda Nurfadhilah Sugandi dan kolega juga membidik target yang sama, yakni menggapai final SEA Games ke-32 kali ini.

Baca juga: SEA Games 2023 - Timnas Voli Putri Indonesia Dapat Untung, Thailand dan Vietnam Rombak Skuad Lagi

Sebagaimana yang diketahui, Wilda Nurfadhilah Sugandi dan kawan-kawan tergabung pada Grup A di SEA Games 2023 bersama Thailand, Myanmar, dan Malaysia.

Sedangkan Vietnam, berada di Grup B dengan Kamboja, Filipina, dan Singapura.

Merujuk kepada pembagian Pool A dan B, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Filipina menjadi tim yang diunggulkan melaju ke semifinal.

Nguyen Tuan Kiet mengklaim Thailand tetap dijagokan menjadi juara. Bahkan dia yakin tim voli putri Negri Gajah Putih masih mendominasi SEA Games 2023 untuk meraih keping medali emas.

BERITA TERKAIT

"Untuk waktu yang lama, Thailand tetap menjadi monumen di Asia Tenggara yang ingin ditaklukkan oleh Vietnam, Indonesia, atau Filipina. Sekitar 20 tahun yang lalu, Thailand terus menang. Sedangkan Vietnam, Indonesia, dan Filipina bergantian meraih medali perak atau perunggu," buka pelatih Nguyen Tuan Kiet, dikutip dari laman Tuoitre.

Kolase Tim Voli Putri Indonesia dan Vietnam.
Kolase Tim Voli Putri Indonesia dan Vietnam. (Kolase Instagram)

Jelang keberangkatan ke Kamboja, tim voli putri Vietnam mengalami sedikut kendala. Setidaknya ada dua pemain pilar yang harus absen karena cedera.

Kondisi ini memicu Nguyen Tuan Kiet mau tak mau harus mengubah line-up daftar pemain yang dibawa bertolak ke Kamboja.

Melihat kondisi plus peta kekuatan tim lawan, Vietnam memilih memasang target realistis, yakni menjadi juara kedua.

Tak tanggung-tanggung, Nguyen Tuan Kiet mengklaim Indonesia dan Filipina sebagai saingan utama. Mereka memilih mawas diri untuk tak menandingi dominasi Thailand, yang pada SEA Games 2023 membidik medali emas ke-16 secara beruntun.

"Tahun ini, banyak negara baru mulai membangun kembali bola voli setelah terkena wabah. Oleh karena itu, menurut saya dalam perjalanan mempertahankan medali perak tim putri Vietnam, Filipina dan Indonesia masih akan menjadi lawan utama.

Terlepas dari itu, jadwal pertandingan voli putri Indoor SEA Games 2023 akan berlangsung mulai 9 hingga 14 Mei mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas