Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Pengakuan Pelatih Vietnam, Timnas Voli Putri Indonesia Layak Berlaga di VNL 2024

Pelatih tim voli putri Vietnam, Nguyen Tuan Kiet, sebut Timnas voli putri Indonesia memiliki kualitas dan layak berlaga di VNL 2024.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Pengakuan Pelatih Vietnam, Timnas Voli Putri Indonesia Layak Berlaga di VNL 2024
Laman resmi Asian Volleyball
Perayaan kemenangan Timnas voli putri Indonesia di pertandingan AVC Challenge Cup 2023 mengalahkan India 3-0 di babak 8 besar yang berlangsung di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Jumat (23/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih tim voli putri Vietnam, Nguyen Tuan Kiet, menyebut ada dua tim yang memiliki level dan kualitas permainan layak berkompetisi di kejuaraan dunia Volleyball Nations League (VNL) 2024.

Salah satunya ialah Timnas voli putri Indonesia, yang pada final AVC Challenge Cup 2023 di Gresik takluk dari Vietnam dengan skor 3-2, Minggu (25/6/2023).

Sebagaimana yang diketahui, Vietnam membuka jalan untuk berlaga di VNL 2024 setelah menjuarai AVC Challenge Cup 2023.

Pemenang dari kejuaraan voli Asia ini melanjutkan petualangan mereka di FIVB Challenger Cup 2023. Pertandingan FIVB Challenger Cup 2023 akan dimulai 27 juli mendatang di Prancis.

Baca juga: Daftar 14 Pemain Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup 2023: Cep Indra Gantikan Yuda

Tim yang menjuarai FIVB Challenger Cup 2023 berhak promosi ke VNL musim depan menggantikan negara (bukan tim inti) yang menduduki posisi terbawah di tabel klasemen akhir.

Artinya, tim voli putri Vietnam memiliki jalan panjang sebagai tim kedua ASEAN yang berlaga di VNL setelah Thailand.

Nguyen Tuan Kiet, memuji setinggi langit atas prestasi yang diukir Tran Thi Thanh Thuy (4T) setelah menjuarai AVC 2023 putri. 

BERITA TERKAIT

"Pertama-tama, saya harus berterima kasih kepada para pemain, karena mereka berjuang keras untuk negara," buka Nguyen Tuan Kiet, dikutip dari laman TheThao SGPP.

"Staf kepelatihan menegaskan bahwa ini adalah hasil yang membanggakan karena selain gelar juara, tim bola voli putri Vietnam untuk pertama kalinya memenangkan perwakilan Asia untuk mengikuti FIVB Challenge Cup babak kualifikasi yang penting. Kami akan bertanding di Prancis, Juli nanti," sambung sang juru taktik.

"Melihat dari AVC Challenge Cup 2023, terlihat bahwa para pemain kami telah matang, lebih berani, menunjukkan kemajuan nyata dalam keahlian mereka," papar Nguyen Tuan Kiet.

Timnas voli putri Vietnam saat melakukan selebrasi kemenangan setelah mengalahkan Indonesia di final AVC Challenge Cup 2023 dengan skor 3-2 di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (25/6/2023).
Timnas voli putri Vietnam saat melakukan selebrasi kemenangan setelah mengalahkan Indonesia di final AVC Challenge Cup 2023 dengan skor 3-2 di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (25/6/2023). (Laman resmi Asian Volleyball)

Disinggung soal kualitas tim yang berlaga di AVC kemarin, pelatih asal Vietnam menyebut dua kekuatan yang kualitasnya layak berlaga di VNL musim depan.

"Jujur saja, AVC Challenge Cup 2023 kemarin tidak menghadirkan tim terkuat di Asia, karena beberapa tim memang sudah berlaga di VNL," terang pelatih yang pernah membesut tim Than Quang Ninh.

"Tetapi tim seperti China Taipei (Taiwan) dengan Indonesia, memiliki kekuatan yang layak untuk berlaga di VNL," puji Nguyen Tuan Kiet.

Sebagai catatan saja, sejumlah tim voli putri Asia memang sudah berlaga di VNL 2023. Sebut saja Jepang, China, dan wakil ASEAN, Thailand, bahkan merupakan core team dari event voli dunia Volleyball Nations League.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas