Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Daftar Pundi-pundi Rupiah Rider MotoGP 2023 di Luar Gaji Pokok, Marc Marquez Tajir Melintir

Marc Marquez memiliki pendapatan tiga kali lipat dari Fabio Quartararo untuk urusan pundi-pundi rupiah di luar gaji pokok.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Daftar Pundi-pundi Rupiah Rider MotoGP 2023 di Luar Gaji Pokok, Marc Marquez Tajir Melintir
MOHD RASFAN / AFP
Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez berpose setelah finis ketiga pada sesi kualifikasi kedua MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 22 Oktober 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Terlepas dari gaji pokok yang diperoleh dalam satu musim, para pembalap MotoGP 2023 juga mendapatkan 'asupan' pundi-pundi rupiah dari luar lintasan balap.

Uang 'endorsement' yang diterima pembalap seperti mempromosikan merek dari produk balapan MotoGP seperti wearpack, helm, hingga sepatu bot menjadi tambahan bagi rekening para pembalap.

Menariknya, Marc Marquez paling cuan untuk urusan meraup rupiah hasil mempromosikan brand yang bermitra dengannya. Kesenjangan pun terlihat jelas.




Marc Marquez memperoleh pundi-pundi cuan tiga kali lipat dari Fabio Quartararo yang dalam daftar berada di bawah pembalap asal Spanyol itu.

Baca juga: Cocoklogi Honda Ngekor Suzuki Mundur dari MotoGP, Berawal dari Eksodus Para Pembalapnya

Kekasih Gemma Pinto mengumpulkan 18 juta euro atau sekira Rp 301 miliar dari brand yang bermitra dengannya ataupun Repsol Honda.

Sebut saja Shohei, helm yang digunakan juara dunia 8 kali ini. Kemudian ada Red Bull yang nampang di livery dari RC213V. 

Selain itu, perusahaan jam yang berbasis di Swiss, Tissot, juga menggandeng Marc Marquez sebagai BA-nya.

BERITA TERKAIT

Di urutan kedua ada pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang meraup 6 juta euro (Rp 100 miliar) dalam satu musim kalender MotoGP 2022.

Dilihat dari perbandingannya saja, Marc Marquez yang menduduki posisi pertama dengan Fabio Quartararo di urutan kedua, terbilang jomplang untuk urusan pendapatan di luar gaji pokok.

Fabio Quartararo memiliki mitra besar yang berbasis di Amerika Serikat, Monster Energy. Sama seperti halnya Red Bull, Monster Energy merupakan produsen minuman dunia yang ambil bagian di MotoGP.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) bersaing dengan Johann Zarco (Pramac Racing) selama balapan Sprint Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring, pada 17 Juni, 2023.
Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) bersaing dengan Johann Zarco (Pramac Racing) selama balapan Sprint Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring, pada 17 Juni, 2023. (Ronny Hartmann / AFP)

Kemudian di urutan ketiga dimiliki oleh Joan Mir, yang pada kalender MotoGP 2022 masih membela Suzuki Ecstar. 

Dalam satu musimnya, juara dunia MotoGP 2020 ini meraup keuntungan yang sama dari luar gaji timnya sebesar 6 juta euro.

Menariknya, Alex Rins, yang menjadi tandem dari Joan Mir juga mendapatkan cuan 'lumayan' banyak dibanding pembalap lain. Rider berambut ikal ini mengantongi satu juta euro lebih sedikit dari Joan Mir.

Sedangkan juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia memang mengalami peningkatan gaji yang signifikan. 

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas