Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bedah Kekuatan Grup F Voli Asian Games 2023: Indonesia Punya Spionase, Lapis B Jepang Bukan Halangan

Timnas voli putra Indonesia memiliki Doni Haryono sebagai spionase guna mengejutkan skuad lapis B Jepang pada fase grup F Asian Games 2023.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Bedah Kekuatan Grup F Voli Asian Games 2023: Indonesia Punya Spionase, Lapis B Jepang Bukan Halangan
Laman resmi Asian Volleyball
Para pemain Timnas voli putra Indonesia melakukan selebrasi saat melawan Pakistan pada perebutan posisi 7-10 AVC Championship 2023 di Iran, Jumat (25/8/2023). Indonesia kalah 3-2. 

TRIBUNNEWS.COM - Peta kekuatan penghuni Grup F voli putra Asian Games 2023 menempatkan Jepang sebagai unggulan, sedangkan Indonesia, Filipina dan Afghanistan bersaing di perebutan runner-up untuk lolos ke 12 besar.

Akan tetapi ada beberapa indikator Timnas voli putra Indonesia untuk menjungkirbalikkan prediksi Asian Games 2023.

Timnas voli putra Indonesia memiliki spionase alias mata-mata yang bisa dimanfaatkan guna membantu menjadi juara Grup F ketika melangkah ke 12 besar Asian Games 2023.

Baca juga: Rekam Jejak Timnas Voli Putra Indonesia di Asian Games, Level Garuda Masih Kalah Telak

Di sisi lain, Jepang pada Asian Games 2023 tidak menurunkan kekuatan utama.

Tim voli putra Negri Sakura 'hanya' membawa skuad lapis B.

Hal ini berkaitan dengan pemain utamanya seperti Yuki Ishikawa, Yuji Nishida, Masahiro Sekita dan Kento Miyaura ambil bagian di Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Kondisi ini membuat federasi bola voli Jepang membagi timnya untuk mengikuti Asian Games maupun Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

BERITA TERKAIT

Sedangkan Filipina dan Afghanistan, tanpa mengesampingkan kekuatan kedua tim, sulit jika mereka ingin membuat kejutan dengan lolos ke babak selanjutnya.

Berikut peta kekuatan Grup F voli putra indoor Asian Games 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jepang

Akihiro Fukatsu (setter), Masahiro Yanagida (hitter) dan Hiroto Nishiyama (opposite) menjadi andalan tim voli putra Negri Sakura di Asian Games edisi ke-19.

Menariknya nama terakhir menjadi salah satu pevoli muda yang dimiliki oleh tim voli putra Jepang. Hiroto Nishiyama, merupakan opposite berusia 20 tahun yang ambil bagian pada VNL 2023.

Bahkan pevoli kelahiran 4 Maret 2003 ini menjadi salah satu pemain yang membantu tim voli putra Jepang mengukir sejarah finis di peringkat ketiga VNL 2023.

Hanya saja, Hiroto Nishiyama pada VNL 2023 bertugas lebih kepada sebagai serve spesialis. Artinya, dia memiliki keunggulan dalam melakukan serve sebagai serangan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas