Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sakralnya Indonesia bagi MotoGP 2023: Mandalika Pengubah Alur Duel Juara Dunia Bagnaia vs Martin

Ada tiga peristiwa besar yang terjadi di MotoGP Mandalika 2023 yang membuktikan sakralnya Indonesia bagi penyelenggaraan MotoGP musim ini.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Sakralnya Indonesia bagi MotoGP 2023: Mandalika Pengubah Alur Duel Juara Dunia Bagnaia vs Martin
RONNY HARTMANN / AFP
Pebalap Ducati Pramac Racing Team Spanyol Jorge Martin merayakan setelah memenangkan perlombaan Sprint dengan pebalap Australia Red Bull KTM Factory Racing Team urutan ketiga Jack Miller dan pebalap Ducati Lenovo Team urutan kedua Italia Francesco Bagnaia menjelang Grand Prix motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 17 Juni 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Ada tiga bukti yang membuat Indonesia begitu 'sakral' bagi ajang balap MotoGP 2023 setelah ragam peristiwa kejutan tersaji sepanjang pekan ini.

Dua di antara peristiwa besar yang terjadi di Indonesia dalam kejuaraan dunia balap MotoGP 2023 ialah pengumuman bergabungnya Marc Marquez ke Gresini Ducati.

Dan berubahnya arah angin perburuan gelar juara dunia yang melibatkan Francesco Bagnaia vs Jorge Martin.

Baca juga: Marc Marquez Soroti Persaingan Pecco Bagnaia vs Jorge Martin setelah Sprint Race MotoGP Mandalika




Selain itu, Sirkuit Mandalika menjadi saksi bisu supremasi Ducati yang sukses mengamankan satu gelar juara dunia musim ini.

Terbaru, MotoGP Mandalika 2023 telah merampungkan sesi sprint race yang menempatkan Jorge Martin sebagai pemenang.

Sukses Jorge Martin mengasapi Luca Marini dan Marco Bezzecchi sekaligus memastikan dirinya mengambil alih singgasana klasemen MotoGP 2023 yang sebelumnya diduduki Pecco Bagnaia.

Ulasan lebih lanjut untuk membuktikan 'sakralnya' Indonesia untuk ajang balap MotoGP 2023 dibuktikan dari beragam insiden, berikut rangkumannya.

BERITA TERKAIT

1. Pengumuman Marc Marquez Gabung Gresini

Jauh sebelum Marc Marquez resmi bergabung ke Gresini Ducati, gp mania banyak yang memprediksi jika pengumuman itu akan berlangsung pada Grand Prix Jepang.

Ada beberapa indikator kuat yang menempatkan mengapa Jepang bisa menjadi momentum pengumuman Marc Marquez bergabung ke Gresini. Satu di antaranya ialah tim Marc Marquez kini, Repsol Honda berbasis di Negeri Sakura.

Akan tetapi di luar prediksi, faktanya justru kepastian The Baby Alien menjadi bagian Gresini Ducati pada MotoGP 2024 diumumkan jelang seri Mandalika yang berlangsung di Lombok, Indonesia.

Pengumuman Marc Marquez bergabung ke Gresini Ducati diunggah melalui media sosial resmi tim pimpinan Nadia Padovani, Kamis (12/10/2023), atau sehari sebelum rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2023 dimulai.

Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez dari Spanyol bersiap untuk sesi latihan bebas kelas MotoGP Grand Prix Jepang di Mobility Resort Motegi di Motegi, prefektur Tochigi pada 29 September 2023. Marc Marquez akan meninggalkan Honda, tempat ia memenangkan gelarnya. enam gelar juara dunia MotoGP, di penghujung musim diumumkan tim pada 4 Oktober 2023.
Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez dari Spanyol bersiap untuk sesi latihan bebas kelas MotoGP Grand Prix Jepang di Mobility Resort Motegi di Motegi, prefektur Tochigi pada 29 September 2023. Marc Marquez akan meninggalkan Honda, tempat ia memenangkan gelarnya. enam gelar juara dunia MotoGP, di penghujung musim diumumkan tim pada 4 Oktober 2023. (TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

2. Mandalika Pengubah Alur Perebutan Juara Dunia MotoGP

Sebelum balapan MotoGP Mandalika akhir pekan ini dimulai, posisi puncak klasemen sementara masih dihuni oleh Pecco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas