Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bubarkan Tim CdM Asian Games 2023, Basuki Hadimuljono: Tugas Menyenangkan Walau Melelahkan

Basuki mengatakan dirinya sangat senang bisa menjadi CdM kontingen Indonesia, meskipun dikatakannya menjadi CdM bukanlah tugas yang mudah.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bubarkan Tim CdM Asian Games 2023, Basuki Hadimuljono: Tugas Menyenangkan Walau Melelahkan
Tribunnews/Abdul Majid
CdM kontingen Indonesia yang juga Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat memberikan kata sambutan dalam acara pembubaran tim CdM Asian Games 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/10/2023). 

Bubarkan Tim CdM Asian Games 2023, Basuki Hadimuljono : Tugas Menyenangkan Walau Melelahkan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Chef de Mission Asian Games 2023 yang diketuai Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono resmi dibubarkan di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan Deputi IV Kemenpora Surono, mewakili Menpora Dito Ariotedjo yang berhalangan hadir dalam acara ini.

Basuki mengatakan dirinya sangat senang bisa menjadi CdM kontingen Indonesia, meskipun dikatakannya menjadi CdM bukanlah tugas yang mudah.

“Tim CdM dan Rumah Indonesia telah berusaha semaksimal mungkin untuk melayani ofisial atlet yang bertanding di Hangzhou,” kata Basuki dalam kata sambutannya.

“Kami sangat bangga, terima kasih untuk Ketua KOI yang menugaskan kami sebagai CdM. Ini tugas yang sangat menyenangkan walaupun melelahkan. Tapi tugas ini memberikan pengalaman baik bagi saya untuk bergaul dengan seluruh cabor atlet Asian Games,” terangnya.

BERITA TERKAIT

Mengenai prestasi, kontingen Indonesia finis di peringkat ke-13 dengan perolehan tujuh emas, 11 perak dan delapan perunggu.

Meski di luar target yang diusung pemerintah sebelumnya, yakni finish 12  besar, Basuki mengatakan bahwa torehan prestasi yang didapatkan para atlet patut mendapatkan apresiasi.

“Capaian prestasi terbaik telah kita capai, 7 emas 11 perak dan 8 perunggu adalah yang terbaik, dan beberapa rekor dunia, Asia yang dilampaui dari Erwin dan Desak,” ujar Basuki.

“Kita juga menambah tiket ke Olimpiade Paris di 2024 yakni Diananda (atlet panahan). Ini saya kira capaian yang sangat baik walaupun di luar target dari pemerintah,” sambungnya.

Soal evaluasi dari gagalnya kontingen Indonesia mencapai target pemerintah, Basuki menyerahkan kepada Kemenpora, KONI dan KOI untuk mengevaluasinya,

“Saya kira tugas KOI, KONI, Menpora untuk evaluasi. Saya ikut dukung saja karena saya banyak diskusi dengan para atlet, ofisial, sehingga ada beberapa yang bisa ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas