Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Enea Bastianini Tumbal Reshuffle Ducati, Jorge Martin Tandem Pecco Bagnaia di MotoGP 2024

Ducati membuka wacana heboh untuk menduetkan Pecco Bagnaia x Jorge Martin di MotoGP 2024, Bastianini jadi tumbal reshuffle pabrikan Italia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Enea Bastianini Tumbal Reshuffle Ducati, Jorge Martin Tandem Pecco Bagnaia di MotoGP 2024
Ronny HARTMANN/AFP
Pembalap Ducati Spanyol Jorge Martin (kanan) dan pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia berlomba selama Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 18 Juni 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Garasi Ducati Lenovo Team MotoGP 2023 dihebohkan wacana reshuffle demi terciptanya duet Francesco 'Pecco' Bagnaia dan Jorge Martin musim depan.

Menculnya peluang duet Pecco Bagnaia dan Jorge Martin di Ducati Lenovo Team pada MotoGP 2024 membuat pabrikan Borgo Panigale ini bakal menempatkan Enea Bastianini sebagai 'tumbal'.

Jika terealisasi, maka Enea Bastianini 'diturunkan' ke tim satelit Pramac Ducati dan menjadi tandem Franco Morbidellii di MotoGP 2024.

Baca juga: Jorge Martin Healing ke Bali untuk Melepas Penat Persaingan Gelar Juara Dunia MotoGP 2023




Balapan MotoGP Thailand 2023 yang rampung berlangsung di Sirkuit Buriram, akhir pekan lalu menyisakan informasi penting.

Menurut laporan Diaro AS, para petinggi Ducati Lenovo Team tengah menggodok wacana penyatuan Jorge Martinda Pecco Bagnaia.

Tak butuh untuk menunggu kontrak Enea Bastianini rampung per musim 2024, namun skenario barter menjadi langkah untuk memuluskan Jorge Martin memperkuat The Bologna Bullets, julukan pabrikan Ducati.

Bagi Ducati, mereka memiliki wewenang full untuk mewujudkan skenario tersebut.

BERITA TERKAIT

Mengingat pabrikan Italia ini memang bertanggung jawab, termasuk menggaji empat pembalap meliputi Pecco Bagnaia, Enea Bastianini, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Itu berbeda halnya dengan dua tim mitra Ducati, Gresini dan Mooney VR46 yang untuk keputusan transfer pembalap tidak bisa dicampuri oleh Ducati.

Pembalap Prima Pramac asal Spanyol Jorge Martin (kanan) memimpin balapan saat ia membalap Tissot Sprint pada Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Buriram di Buriram pada 28 Oktober 2023.
Pembalap Prima Pramac asal Spanyol Jorge Martin (kanan) memimpin balapan saat ia membalap Tissot Sprint pada Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Buriram di Buriram pada 28 Oktober 2023. (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Mengingat dalam hal penggajian, Gresini dan tim Valentino Rossi mengandalkan kekuatan finansialnya sendiri. Mereka hanya berstatus mitra pengguna motor Ducati di MotoGP 2023.

Alasan mengapa Ducati membuka wacana menaikkan Martin ke tim pabrikan karena keinginan petinggi tim untuk memiliki tandem terkuat.

Sebagai pengingat, sebelum Ducati memvonis Enea Bastianini menjadi tandem Pecco Bagnaia di musim ini, Jorge Martin juga memiliki peluang serupa.

Hanya saja dari segi performa, Bastianini pada MotoGP 2022 jauh lebih konsisten ketimbang pembalap berjuluk Martinator ini.

Fonsi Nieto, selaku teknisi Jorge Martin di Pramac, secara tidak langsung membenarkan kepindahan sang rider bertukar tempat dengan Enea Bastianini.

Pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini saat konferensi pers Shell Advance dan Ducati Corse di Jakarta, Selasa (10/10/2023). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini saat konferensi pers Shell Advance dan Ducati Corse di Jakarta, Selasa (10/10/2023). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas