Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Indonesia dan Mongolia Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Champions League Asia

Kompetisi bergengsi antarklub di Asia ini sempat vakum imbas Pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. 

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Indonesia dan Mongolia Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Champions League Asia
Tribunnews/Abdul Majid
Suasana di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (24/8/2023). 

Indonesia dan Mongolia Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Champions League Asia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesiadan Mongolia resmi menjadi tuan rumah babak Kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia).




Kompetisi bergengsi antarklub di Asia ini sempat vakum imbas Pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu. 

Indonesia, tepatnya di Jakarta akan menjadi tuan rumah babak kualifikasi kedua. Sementara itu, babak pertama akan berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia.

Sebanyak delapan tim akan berkompetisi di ajang yang sebelumnya dikenal sebagai FIBA Asia Champions Cup.

Kualifikasi ini bertujuan untuk mencari dua klub yang layak berlaga Basketball Champions League Asia.

BERITA TERKAIT

Nantinya, klub yang lolos akan bergabung dengan tim dari Jepang (B.League), Korea (KBL), China (CBA League), Filipina (PBA), selain dua klub dari FIBA West Asia Super League.

“Membentuk Kompetisi Klub Internasional adalah salah satu prioritas strategis FIBA untuk siklus 2023-2027, dan kami senang untuk bergerak maju ke arah ini," ujar Direktur Eksekutif FIBA Asia, Hagop Khajirian, Kamis (29/2/2024).

“Kualifikasi ini tidak hanya akan menampilkan yang terbaik dari bola basket Asia Timur dan Tenggara, tetapi juga akan menyediakan platform bagi klub untuk bangkit dan bersaing di kompetisi klub tertinggi di Asia," tambahnya.

Kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) untuk klub Asia Timur dan Tenggara akan disusun menjadi dua putaran.

Babak pertama, dijadwalkan akan berlangsung di Ulaanbaatar dari 3-7 April dan akan menampilkan delapan klub, dengan perwakilan dari Asia Timur dan Tenggara. 

Indonesia dan Mongolia akan diwakili oleh dua klub masing-masing. Klub itu akan bergabung dengan juara liga dari Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Delapan klub itu akan ditempatkan ke dalam dua grup yang terdiri dari empat tim sesuai dengan peringkat tim nasional bakset putra mereka di Peringkat Dunia FIBA. 

Tim teratas dari setiap grup akan maju ke Putaran kedua, sementara tim yang finis kedua dan ketiga di setiap grup akan pergi head-to-head untuk menentukan dua tempat yang tersisa untuk putaran 2.

Babak kedua dijadwalkan bergulir di Jakarta dari 23-26 April dan akan menggunakan format single-round robin.  Setelahnya, dua klub teratas akan lolos ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas