Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Ketika Rivan Nurmulki Bergulat dengan Sanksi, Teman Lama justru Comeback ke Liga Voli Jepang

Perbedaan nasib dimiliki pevoli ASEAN, Rivan Nurmulki yang bergulat dengan sanksi PBVSI, sedangkan Marck Espejo kembali perkuat tim Liga Voli Jepang.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Ketika Rivan Nurmulki Bergulat dengan Sanksi, Teman Lama justru Comeback ke Liga Voli Jepang
Kolase Tribunnews
Rivan Nurmulki (kiri) dan Marck Espejo (kanan), dua pevoli Asia Tenggara yang sama-sama pernah berkarier di Liga Voli Jepang. 

TRIBUNNEWS.COM - Nasib berbeda dua pevoli yang sama-sama pernah 'merantau' di Liga Voli Jepang, Rivan Nurmulki (Indonesia) dan Marck Espejo (Filipina). Rivan dibuat tak berkutik oleh sanksi PBVSI, Espejo justru kembali ke Negeri Sakura.

Sebagai informasi, hanya segelintir pevoli ASEAN yang bisa menembus kompetisi tertinggi bola voli Jepang. Bahkan Liga Voli Jepang diakui sebagai yang terbaik di kawasan Asia.

Indonesia misalnya, hanya ada dua pevoli yang sukses berkompetisi di Negeri Samurai, yakni Rivan Nurmulki dan Doni Haryono.

Pun dengan Filipina, yang menempatkan Bryan Bagunas dan Marck Espejo, juga pernah mencari pengalaman di sana.

Di saat pevoli ASEAN kurang 'laku' di V-League Japan Volleyball, kabar mengejutkan datang dari pevoli Filipina, Marck Espejo.

Marck Espejo, pevoli asal Filipina yang merupakan teman lama Rivan Nurmulki, kembali perkuat tim Liga Voli Jepang, Kubota Spears.
Marck Espejo, pevoli asal Filipina yang merupakan teman lama Rivan Nurmulki, kembali perkuat tim Liga Voli Jepang, Kubota Spears. (Instagram @kubotaspears.volleyball)

Outside hitter berusia 27 tahun ini, terbaru diumumkan bergabung dengan klub kasta kedua Liga Voli Jepang, Kubota Spears.

Pengumuman itu diunggah melalui media sosial resmi klub, Jumat (9/8/2024) malam WIB.

BERITA TERKAIT

"Dengan senang hati kami mengumumkan penandatanganan baru, yakni Marck Espejo untuk posisi outside hitter," terang pernyataan Kubota Spears sembari mengunggah foto hitter asal Filipina itu.

Selain memberikan pengumuman, Kubota juga memberikan rincian klub mana saja yang pernah diperkuat Espejo. Dua di antaranya ialah klub asal Liga Voli Jepang, Oita Miyoshi Weisse dan FC Tokyo.

Oita Miyoshi Weisse menjadi klub Liga Voli Jepang pertama yang diperkuat Espejo pada musim 2018/2019.

Pada periode tersebut, Oita Miyoshi Weisse masih berkompetisi di kasta tertinggi.

Periode keduanya berkompetisi di Liga Voli Jepang ialah bersama FC Tokyo (2021/2022).

Di musim tersebut, Rivan Nurmulki juga bermain bagi klub kasta tertinggi V0-League Japan Volleyball, bahkan menjalani musim kedua, bersama VC Nagano Tridents.

Meski Marck Espejo saat ini tidak memperkuat tim yang berkompetisi di kasta tertinggi, namun peluangnya untuk membawa Kubota promosi musim depan jelas terbuka lebar.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas