Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Yos Paguno Ambil Formulir Pendaftaran Calon Ketua Umum PP Perbasi, Apa Program Jagoannya?

Pengambilan formulir diwakili Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi lantaran Ketua Tim Penjaringan Setia Dharma Madjid berhalangan hadir.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Yos Paguno Ambil Formulir Pendaftaran Calon Ketua Umum PP Perbasi, Apa Program Jagoannya?
dok: istimewa
Yos Paguno mengambil formulir pendaftaran untuk maju sebagai Calon Ketua Umum PP Perbasi periode 2024-2028 yang berada di Kantor Perbasi di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024). 

Yos Paguno Ambil Formulir Pendaftaran Calon Ketua Umum PP Perbasi, Apa Program Jagoannya?
 
Abdul Majid/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAYos Paguno mengambil formulir pendaftaran untuk maju sebagai Calon Ketua Umum PP Perbasi periode 2024-2028 yang berada di Kantor Perbasi di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Pengambilan formulir diwakili Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi lantaran Ketua Tim Penjaringan Setia Dharma Madjid berhalangan hadir.

Untuk diketahui, Yos bukanlah orang baru di basket. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Perbasi Jakarta Timur periode 2015-2017 dan Ketua Pengurus Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022.

Selain itu, pria berusia 55 tahun itu juga pernah menjadi manajer timnas basket wanita U-16 di Kejuaraan FIBA Asia U-16 Women 2015.

Disinggung mengenai motivasi untuk mencalonkan diri, Yos mengaku memiliki tujuan untuk memperbaiki organisasi yang top down dari PP ke Pengprov hingga Pengkot/Pengkab.

Menurutnya, selama ini untuk Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) di setiap daerah masih kurang. Karenanya, itulah menjadi concern baginya andai bisa terpilih sebagai ketua nantinya.

BERITA TERKAIT

"Jadi tugas kami di PP akan memotivasi Pengprov untuk adakan Kejurprov yang diikuti oleh Pengkot dan Pengkab," kata Yos.

Sehingga, sambungnya, pembinaan ke bawah itu akan menghasilkan banyak pemain-pemain bermutu dan berbakat untuk mengisi timnas.

"Karena selama ini pembinaan di bawah yang kurang," sebutnya.

Berkaca saat memimpin Pengprov Perbasi DKI, Yos mengaku sejak 2017 hingga 2022 rutin menggelar Kejurprov setiap tahun dan mendorong Kejuaraan di Pengkot yang berada di DKI.

Hasilnya, setiap tahun meraih juara di kelompok umur. Baik U-12, U-14, U-16, dan U-18.

Puncaknya, Yos membawa basket DKI Jakarta juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 dengan mengantongi 2 emas di nomor 5x5 putra dan 3x3 putri serta 2 perunggu di nomor 5x5 puri dan 3x3 putri.

DKI mengungguli dari Jawa Timur yang berada di posisi kedua dengan mencatatkan 1 emas dan 2 perunggu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas