Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Penyakit Klasik PBVSI Diungkit, Setter Timnas Voli Indonesia: TC Cuma 2 Hari Sudah Alhamdulillah

Setter Timnas voli putri Indonesia, Tisya Amallya Putri, mengeluhkan masalah singkatnya waktu pemusatan latihan dan meminta PBVSI berbenah.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Penyakit Klasik PBVSI Diungkit, Setter Timnas Voli Indonesia: TC Cuma 2 Hari Sudah Alhamdulillah
web resmi SEA V League
Megawati Hangestri (tiga dari kiri) saat perkuat Indonesia melawan Vietnam pada pertandingan SEA V League 2024 putaran II di Thailand, Jumat (9/8/2024) malam WIB. Vietnam menang 3-1. 

TRIBUNNEWS.COM - Setter Timnas voli putri Indonesia, Tisya Amallya Putri, kembali mengungkit masalah klasik yang tak kunjung dibenahi Federasi Bola Voli Indonesia alias PBVSI. Tisya bahkan sampai menyerukan "tolong" agar masalah TC lekas dibenahi.

Timnas voli putri Indonesia menghadapi masalah besar di turnamen kawasan ASEAN, SEA V League 2024 yang rampung berlangsung 11 Agustus kemarin.

Megawati Hangestri dkk. menjadi bulan-bulanan tim lawan di SEA V League 2024.

Pada putaran I di Vietnam, srikandi voli Merah-Putih asuhan Chamnan Dokmai digasak Thailand maupun Vietnam tiga set langsung. Sedangkan saat bersua Filipina, Indonesia takluk 3-1.

Tisya Amallya Putri, setter Timnas voli putri Indonesia saat diwawancarai setelah melawan Thailand pada SEA V League 2024 putaran II di Nakhon Ratchasima, Thailand, Sabtu (10/8/2024).
Tisya Amallya Putri, setter Timnas voli putri Indonesia saat diwawancarai setelah melawan Thailand pada SEA V League 2024 putaran II di Nakhon Ratchasima, Thailand, Sabtu (10/8/2024). (Tangkapan layar YouTube @jevolley_id)

Hasil tak lebih baik dirasakan Timnas voli putri Indonesia saat mengarungi putaran II SEA V League 2024 di Thailand. 

Tim yang dikapteni Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi tersebut dihajar Vietnam 3-1, Thailand 3-0, dan dipermalukan Filipina 3-2.

Khusus di putaran II, PBVSI memanggil Tisya Amallya dan Nurlaili Kusumah Diningrat, di mana pada leg I di Vietnam memang tidak disertakan.

BERITA TERKAIT

Sayangnya perubahan itu belum cukup untuk mengkatrol permainan Timnas voli putri Indonesia. 

Melihat hasil tersebut, Tisya Amallya yang juga menjadi langganan timnas sejak SEA Games 2019, menguliti apa yang menjadi masalah klasik dari PBVSI.

Satu di antara yang paling nyata dan tak segera menemui solusi adalah masalah TC alias pemusatan latihan.

Pemanggilan pemain baik sektor putra-pitri untuk memperkuat Timnas Voli Indonesia, cenderung mepet dengan event Internasional yang akan diikuti.

Baca juga: Sentil PBVSI, Pelatih Vietnam Sayangkan Timnas Voli Putri Indonesia Mundur dari VTV Cup 2024

Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menjalin chemistry dalam permainan, taktik, dan adaptasi dirasa kurang. 

Padahal secara potensi, sektor putri juga memiliki peluang besar untuk meraih banyak prestasi di event Internasional seperti SEA Games, AVC maupun turnamen lainnya.

Sebagai contoh AVC Cup Championship for Women's tahun lalu di Gresik, Timnas voli putri Indonesia bahkan menjejakkan kakinya sampai di laga final.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas