Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Sukses Gelar BNI-UIHM 2024, ILUNI UI Salurkan Dana Abadi Rp350 juta

BNI-UIHM kali ini berlari dengan 6.600 peserta terdiri dari alumni, komunitas lari dan masyarakat di lintasan BNI-UIHM yang bebas kendaraan

zoom-in Sukses Gelar BNI-UIHM 2024, ILUNI UI Salurkan Dana Abadi Rp350 juta
Istimewa
BNI-UI Half Marathon (BNI-UIHM) 2024 di Kampus UI Depok pada Minggu, 8 September 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama BNI sukses menggelar ajang BNI-UI Half Marathon (BNI-UIHM) 2024 di Kampus UI Depok pada Minggu, 8 September 2024. Event half marathon yang menarik antusiasme ribuan peserta ini juga berhasil mengumpulkan donasi untuk dana abadi sebesar Rp350 juta.

Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan rasa syukur serta apresiasi kepada dukungan berbagai pihak yang turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan BNI-UIHM 2024.

“Pada BNI-UIHM kali ini, kami berlari dengan 6.600 peserta terdiri dari alumni, komunitas lari, masyarakat, dan para undangan berlari di lintasan BNI-UIHM yang bebas kendaraan. Acara mulai dari pagi sekali namun semuanya antusias untuk bisa berlari mengelilingi Kampus UI yang hijau ini. Selain itu, kita juga ada kemeriahan race village di mana para peserta bisa menikmati berbagai bazar makanan dan hiburan flashmob alumni UI dan Dancing Engineers, penampilan paduan suara alumni UI, serta Diskopantera,” ungkap Didit melalui keterangan tertulis, Senin (9/9/2024).




Didit menambahkan, BNI-UIHM 2024 tidak hanya membawa pesan gaya hidup sehat tapi juga mempromosikan sustainability melalui green lifestyle, serta tetap konsisten dengan misi dukungan terhadap pendidikan melalui sumbangsih endowment fund untuk UI. Tahun ini, ILUNI UI berhasil menyumbangkan endowment fund untuk dana abadi UI sebesar Rp350 juta. Atas keberhasilan ini, Didit menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat baik dari panitia BNI-UIHM 2024, pihak UI, serta  dukungan sponsor seperti BNI dan Pertamina selaku sponsor utama, serta mitra-mitra ILUNI UI lainnya di antaranya Lippo Mall Kemang, Brooks, Pressio, Fairatmos, Danone Aqua, Isoplus, Kahf, TransJakarta, Delta Dunia, Paragon Corp, Wardah, PT EDMI, Pelindo, PT SMI, BNI Life, Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), PT Pegadaian, PT Freeport Indonesia, Injourney, Indonesia Infrastructure Finance (IIF), Vale Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, Samesta Mahata Margonda, PT Sasa Inti, EJ Sport, Dearex, Bear Brand, Garuda Indonesia, Eraspace, Salonpas, Rohto, ALVA, RSUI, Rumah Sakit Jantung Jakarta, RS Premier Jatinegara, Brawijaya Hospital, dan RS Abdi Waluyo.

“Terima kasih sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah membantu berjalannya BNI-UIHM 2024 dengan lancar sehingga  BNI-UIHM dapat tetap membawa pesan The Greenest and Most Sterile Route Half Marathon yang bebas kendaraan juga bersih serta apik. Dan kami juga kembali bisa menyampaikan donasi Dana Abadi UI,” pungkasnya.

Ketua Pelaksana BNI-UIHM 2024 Indra Akbar Maulana menambahkan, selain  6.600 peserta yang berlari offline, ada ribuan peserta yang berlari virtual dari mana saja turut memeriahkan ajang BNI-UIHM 2024. 

“Yang unik dari BNI-UIHM 2024 ini adalah adanya konsep lari virtual yang memungkinkan peserta bisa bergabung dari mana saja. Lombanya sendiri sudah berlangsung sejak 24 Agustus sampai 8 September yang diikuti ribuan orang dari dalam dan luar negeri. Kita juga coba lebih merangkul anak-anak muda dengan konsep unik berlari sesuai dengan profesi kita, seperti tim umbi-umbian, budak korporat, selebritis, dan abang-none Jakarta. Tak lupa ada selebritis seperti Amel Carla, Chicco Jerikho, dan Alya Rohali yang juga turut memeriahkan acara BNI-UIHM 2024,” jelas Indra.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Direktur Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI Prof. Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D. mengatakan, dukungan UI dalam BNI-UIHM 2024 merupakan upaya dalam mewujudkan dan mengimplementasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. UI memotivasi masyarakat dari berbagai kalangan untuk turut serta dalam perlombaan ini dan merasakan sensasi berolahraga di Kampus UI yang asri. Berlari di kawasan UI yang memiliki hutan kota dan enam danau tentu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para peserta.

“UI memang didesain untuk mendorong warga dan pengunjungnya bergerak lebih banyak. Oleh karena itu, kami membatasi lahan parkir dan menyediakan lebih banyak area untuk berjalan kaki. Selain itu, kampus ini terintegrasi dengan berbagai layanan transportasi publik, seperti commuter line dan TransJakarta, sehingga siapa pun dapat mengakses Kampus UI dengan mudah tanpa harus membawa kendaraan pribadinya. Tentunya, ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi karbon, demi menjaga ekosistem daratan sebagaimana yang tercantum dalam poin 15 SDG,” jelasnya.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo Budiprabowo turut menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan kolaborasi bersama ILUNI UI di ajang BNI-UIHM 2024.

“Sebagai mitra, BNI terus berupaya memberikan dukungan untuk kegiatan yang sudah konsisten dijalankan, apalagi antusiasmenya terus meningkat setiap penyelenggaraannya. Tak hanya itu, BNI-UIHM juga konsisten mempromosikan sustainability dan kontribusi sosial yang sesuai dengan value BNI,” ucap Okki.

Menambahkan, VP Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso turut mengapresiasi penyelenggaraan BNI-UIHM 2024 yang telah berjalan dengan sukses, serta berhasil menghadirkan ribuan peserta yang berlari bersama mengelilingi Kampus UI Depok yang hijau.

“Kami mendukung penuh kegiatan olah raga seperti ini karena sebagai perusahaan energi tugas kita memberikan energi kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa lebih ter-energized lagi, salah satunya melalui event lari ini,” ucap Fadjar. Selain itu, kegiatan BNI-UIHM 2024 yang mendukung sustainability melalui berbagai produk serta konsep berlari di lintasan bebas kendaraan selaras dengan komitmen 10 Fokus Keberlanjutan Pertamina yang di antaranya menekankan pada aspek lingkungan.

BNI-UIHM 2024 merupakan acara lari half marathon yang bertujuan memperkuat ikatan antara sivitas Akademika UI dan masyarakat luas. Ajang yang pertama kali diadakan pada tahun 2017 ini, tidak hanya sekadar rekreasi, tetapi juga mempromosikan tren gaya hidup sehat yang semakin berkembang di Indonesia. Serta, BNI-UIHM 2024 juga merangkul alumni melalui rangkaian kegiatan Road to UIHM 2024 yang tersebar di seluruh Indonesia melalui dukungan ILUNI Wilayah dan Chapter, di antaranya ILUNI UI Wilayah Jawa Barat, ILUNI UI Wilayah Sumatera Selatan, dan ILUNI UI Wilayah Bali. Selain itu, ILUNI UI Chapter Qatar, ILUNI UI Chapter  Hong Kong, dan ILUNI UI Chapter USA. Road to BNI-UIHM 2024 juga diselenggarakan di Paris dan Kanada. 

 

Pada BNI-UIHM 2024, ada apresiasi berupa uang tunai kepada pelari yang menyelesaikan race dengan waktu tercepat dari untuk kategori male dan female yang terdiri dari umum, alumni, dan master. Untuk kategori umum, pemenang dari half marathon adalah Immanuel Hutasoit (male) dan Bianca Marcon (female), kategori 10K dimenangkan Narman Narman (male) dan Ena Nabunome (female), dan pemenang umum 5K adalah Hendrik Nainggolan (male) dan Anjellika Ginting (female). Pada kategori alumni pemenang dari half marathon adalah Firdaus Reiski (male) dan Eni Rosita (female), kategori 10K dimenangkan Bernardus Sandi (male) dan Karina Dwi Handayani (female), dan kategori 5K pemenangnya Adrian Purwadihardja (male) dan Irma Veneranda (female). Untuk kategori master, pemenang half marathon adalah Bambang Oktovianus (male) dan Vivi Sumantri (female), kategori 10K dimenangkan Ferry Junaedi (male) dan Siti Muawanah (female), sedangkan 5K dimenangkan Marwan (male) dan Irma Veneranda (female). (*)

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas