Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Dari dan Kembali ke Marc Marquez, Ducati OTW Ukir Sejarah di MotoGP Jepang 2024

Marc Marquez berpeluang merusak rekornya di Honda pada MotoGP Jepang 2024 dan menghantarkan Ducati ukir sejarah raih kemenangan beruntun terpanjang.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Dari dan Kembali ke Marc Marquez, Ducati OTW Ukir Sejarah di MotoGP Jepang 2024
AFP/SONNY TUMBELAKA
Pembalap Gresini Racing MotoGP Spanyol Marc Marquez (kanan) mengikuti pemanasan jelang balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Minggu (29 September 2024). (SONNY TUMBELAKA/STR/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Balapan MotoGP Jepang 2024 di Sirkuit Motegi akhir pekan ini bisa menghadirkan sorotan yang tertuju kepada pembalap Gresini Racing, Marc Marquez. MM93 bisa pecahkan rekor Honda satu dekade silam.

Sukses Jorge Martin menangi MotoGP Mandalika 2024 di Lombok akhir pekan lalu, membuat pabrikan Ducati menyetarakan level dengan Honda Racing Corporation (HRC).

Ducati, pabrikan asal Bologna, Italia ini sukses membukukan 12 kemenangan beruntun di kelas premier. Catatan itu menyamai prestasi Honda 10 tahun lalu.

Tepatnya pada MotoGP 2014, Repsol Honda mengoleksi 12 kemenangan beruntun. Bahkan 10 di antaranya dipersembahkan oleh Marc Marquez, yang di akhir musim dikonversikan menjadi titel juara dunia.

Selebrasi kemenangan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez setelah finis terdepan pada sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, Sabtu (31/9/2024) malam WIB.
Selebrasi kemenangan pembalap Gresini Racing, Marc Marquez setelah finis terdepan pada sprint race MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Motorland Aragon, Sabtu (31/9/2024) malam WIB. (Laman resmi MotoGP)

The Baby Alien berpeluang besar untuk merusak rekor yang dia persembahkan bagi Honda saat balapan di Sirkuit Motegi, 4-6 Oktober.

Mengapa demikian? Dirangkum dari laman Paddock-GP, Honda dan Ducati menjadi pabrikan dengan jumlah kemenangan beruntun terbanyak saat ini, yakni 12 kali.

Jika satu dari 8 pembalap penunggang motor Desmosedici Ducati berhasil mengkonvesikan kemenangan akhir pekan ini, maka dipastikan rekor Honda bersama Marc Marquez di 2014 dipastikan ambyar.

BERITA REKOMENDASI

MotoGP Jepang dalam dua tahun terakhir juga menempatkan pembalap Ducati sebagai pemenang.

Tepatnya edisi 2022, Jack Miller sukses finis terdepan di Motegi, dan di tahun berikutnya Jorge Martin giliran berhak meraup 25 poin.

Marc Marquez pun terbuka peluang untuk meraih kemenangan ketiga di MotoGP 2024. 

Terlebih MotoGP Jepang 2024 bisa dikatakan sebagai salah satu seri yang menempatkan MM93 sebagai favorit juara.

Tercatat dari seluruh pembalap yang berada di grid MotoGP 2024, Marc Marquez merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Motegi (3).

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung MotoGP Jepang 2024: Marquez Coba Peruntungan di Markas Honda

Andai kekasih Gemma Pinto ini finis terdepan, maka dipastikan rekor Marc Marquez di Honda 2014 resmi dipecahkan Ducati. Pabrikan Borgo Panigale ini akan menjadi tim dengan jumlah kemenangan beruntun terpanjang sejarah.

Plus, jika 'pelakunya' adalah The Baby Alien, maka tidak salah dengan menyebut rekor satu dekade di MotoGPdari Marc Marquez untuk Marc Marquez.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas