Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketum PSSI Baru Perlu Dibuatkan Pakta Integritas

Mantan pemain tim nasional GH Sutejo harus menandatangani pakta integritas kepada masyarakat, pemerintah dan pecinta sepakbola.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Ketum PSSI Baru Perlu Dibuatkan Pakta Integritas
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Pengamat sepakbola GH Sutejo, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, dan bakal calon Ketua PSSI Dizza Razid Ali (kanan ke kiri), menghadiri acara diskusi mengenai langkah ke depan Ketua PSSI, di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (31/3/2011). Acara yang digelar Harian Warta Kota tersebut membahas mengenai apa yang harus dilakukan Ketua Umum terpilih PSSI yang akan datang. 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yogi Gustaman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan pemain tim nasional GH Sutejo mendukung reformasi total PSSI sekarang ini yang belum memiliki ketua umum baru. Bahkan kalau perlu, siapapun ketuanya nanti, harus menandatangani pakta integritas kepada masyarakat, pemerintah dan pecinta sepakbola.

"Jaman sekarang harus dibuatkan pakta integritas. Kalau dua tahun ditargetkan tak mampu, mendingan turun legowo," ujar Sutejo dalam acara diskusi 'Apa Yang Harus Dilakukan Ketua Umum PSSI untuk Memajukan Sepakbola Indonesia,' di Jakarta, Kamis (31/3/2011).

Menurutnya, banyak program PSSI yang tidak terlaksana. Pembinaan usia dini belum berjalan berkesinambungan. Belum lagi, PSSI kurang memiliki bank data pemain. Sehingga kita merasa kesulitan mencari pemain tiap kali membentuk tim nasional.

Kesalahan lainnya, menurut Sutejo, banyak orang yang tidak mengerti sepakbola menjadikan PSSI sebagai sumber penghasilan. Jelas ini yang membuat PSSI amburadul.

"Jadi PSSI ini jangan diurus sambilan, tapi harus diurus secara serius," imbuhnya.

Nama Sutejo belakangan dimunculkan mantan pemain tim nasional untuk menduduki Ketua Umum PSSI. Sejumlah legenda timnas seperti Ruli Nere, Johanis Auri, Nasir Salassa, hingga Berti Tutuarima menyatakan dukungannya terhadap Sutejo.

Selain figur muda yang telah lama aktif di persepakbolaan Tanah Air, baik sebagai pemain maupun pengurus Pengcab dan pengurus klub, Sutejo juga dikenal memiliki visi luas dalam keorganisasian sepakbola. Sutejo juga dikenal militan dan kritis terhadap berbagai persoalan sepakbola nasional.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas