Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Prancis Butuh 186 Menit untuk Taklukkan Nigeria 2-0 dan Melaju ke Perempatfinal

Timnas Prancis harus melalui perjuangan berat untuk melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Perancis membutuhkan 186 menit

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Prancis Butuh 186 Menit untuk Taklukkan Nigeria 2-0 dan Melaju ke Perempatfinal
FIFA
Paul Pogba diselamati rekan setimnya usai mencetak gol pertama Prancis ke gawang Nigeria. Gol Pogba mengakhiri paceklik gol timnas Les Blues selama 186 menit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Deodatus S Pradipto

TRIBUNNEWS.COM – Timnas Prancis harus melalui perjuangan berat untuk melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Perancis membutuhkan 186 menit untuk mencetak gol sebelum akhirnya menang 2-0 atas Timnas Nigeria di Estadio Nacional, Selasa (1/7/2014).

Penampilan Vincent Enyeama di bawah mistar gawang Nigeria membuat Prancis kesulitan mencetak gol. Pada menit ke-22 Enyeama secara gemilang menepis tendangan volid Paul Pogba di mulut gawang.

Karim Benzema nyaris memecah kebuntuan Perancis pada menit ke-70 usai memanfaatkan umpan satu dua dengan Antoine Griezmann di kotak penalti.

Tendangan datar Benzema sempat diblok Enyeama, namun kemudian memantul dan bergulir ke gawang kosong. Viktor Moses menggagalkan peluang manis ini melalui sapuan. Berdasarkan tayangan goal line technology, bola disapu Moses di depan garis gawang.

Tujuh menit berselang giliran mistar gawang yang mengagalkan peluang Perancis. Tendangan Yohan Cabaye dari luar kotak penalti memanfaatkan kemelut membentur mistar gawang.

Penampilan gemilang Enyeama mendadak berubah menjadi blunder sehingga Perancis mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-79 melalui Pogba.

Enyeama keluar sarangnya untuk meninju bola hasil tendangan penjuru Mathieu Valbuena. Tinjuan Enyeama kurang sempurna, bola justru terus melaju ke arah kiri. Pogba yang tidak terkawal kemudian menuntaskan bola liar dengan sundulan ke gawang kosong.

Blunder Enyeama bertolak belakang dengan apa yang dia lakukan beberapa saat sebelum gol ini tercipta. Pemain LOSC Lille itu melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis sundulan Karim Benzema usai memanfaatkan umpan lambung Valbuena. Penyelamatan itu kemudian membuahkan tendangan penjuru yang berujung gol Pogba.

Menurut catatan Opta, Prancis membutuhkan 186 menit untuk kembali mencetak gol di Piala Dunia 2014. Pada pertandingan sebelumnya, laga ketiga grup E,  Les Bleus bermain imbang tanpa gol dengan Ekuador.

Setelah blunder itu, penampilan gemilang bak kembali. Enyeama menepis tendangan Griezmann dari dalam kotak penalti. Namun demikian, Enyeama tidak sanggup berkutik ketika Joseph Yobo menceploskan bola ke dalam gawangnya pada injury time. Kapten Nigeria itu justru membelokkan bola ke dalam gawang timnya ketika bermaksud menutup Griezmann menyambut umpan tarik datar Valbuena.

Atas kemenangan ini Perancis berhak melaju ke babak perempat final. Pada laga selanjutnya Perancis akan berhadapan dengan pemenang antara Jerman melawan Aljazair.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas