Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Strategi dan Kesiapan Mental Kunci Keberhasilan Timnas Italia

Pelatih Italia Antonio Conte menyiapkan strategi permainan Italia secara detail kepada pemain Azzurri

Editor: Dewi Pratiwi
zoom-in Strategi dan Kesiapan Mental Kunci Keberhasilan Timnas Italia
dailymail
Antonio Conte dan Timnas Italia 

TRIBUNNEWS.COM - Kemenangan 2-0 Italia atas Spanyol di babak perdelapan final Euro 2016 tak datang dari kebetulan, apalagi keberuntungan.

Pelatih Italia Antonio Conte menyiapkan strategi permainan Italia secara detail kepada pemain Azzurri.

Pemain gelandang Italia Emanuele Giaccherini yang menyumbang asis bagi gol pembuka kemenangan yang dicetak Giorgio Chiellini membuka rahasia dapur skuad Si Biru.

"Kami mempersiapkan laga ini hingga detail terkecil sepanjang pekan, dan pelatih memberi kami petunjuk dengan jelas apa yang harus kami lakukan untuk mengalahkan Spanyol, salah satu tim terbaik dunia," ujar Giaccherrini seperti dikutip Soccerway.

Hasilnya terlihat dari variasi peluang yang diciptakan para pemain Italia pada laga itu. Giaccherini dan kawan-kawan bermain efisien serta benar-benar tahu apa yang harus dilakukan dalam berbagai situasi menghadapi Spanyol.

"Kami hanya sedikit mengalami masalah menjelang akhir babak kedua, ketika kami bermain terlalu dalam sedangkan mereka punya banyak pemain luar biasa. Namun, kami berhasil mengakhiri laga itu dengan baik," ujarnya.

Leonardo Bonucci, pemain bek Italia yang terpilih sebagai Man of The Match pada laga kemarin, juga memuji kecerdasan Conte dalam menerapkan strategi permainan.

BERITA TERKAIT

"Dia pelatih yang mampu mewujudkan strategi menjadi rencana permainan yang bisa diterapkan di lapangan. Kami harus bermain dengan gaya tertentu dan saya kira pelatih memang seorang pakar dalam hal itu," ujar pemain Juventus itu.

Akan tetapi, bukan cuma persiapan matang dan strategi jitu dari pelatih yang menjadi kunci keberhasilan Italia mengalahkan Spanyol. Mental tim memainkan peran yang tak kalah pentingnya.

Giaccherini yang kebagian tugas memberi pidato di ruang ganti sebelum pertandingan mengatakan, ketika keluar ke lapangan di Stadion de France kemarin, setiap pemain bertekad bermain sebagai tim dan dengan segenap hati.

"Saya katakan, untuk menghadapi laga ini kami perlu hati. Karena taktik hanya mampu membawamu sampai langkah tertentu, untuk melaju jauh kita perlu bermain dengan sepenuh hati," ujarnya.

Berita Ini Juga Dimuat di HARIAN SUPER BALL, Rabu (29/6/2016)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas