Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kronologi Insiden di Laga PSG vs Istanbul Basaksehir, Ucapan Kata Rasial hingga Demba Ba Marah Besar

Laga Paris Saint-Germain vs Istanbul Basaksehir terpaksa dihentikan pada pertengahan babak pertama seusai wasit diduga mengucapkan kata hinaan rasial.

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Kronologi Insiden di Laga PSG vs Istanbul Basaksehir, Ucapan Kata Rasial hingga Demba Ba Marah Besar
FRANCK FIFE / AFP
Kronologi Insiden di Laga PSG vs Istanbul Basaksehir - Penyerang Prancis Istanbul Basaksehir Demba Ba (tengah) berbicara dengan wasit selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. Paris Saint -Laga Liga Champions Jerman yang menentukan melawan Istanbul Basaksehir ditangguhkan hari ini di babak pertama karena para pemain mundur di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan. Perselisihan itu meletus setelah asisten pelatih Basaksehir Pierre Webo, mantan pemain internasional Kamerun, mendapat kartu merah selama perselisihan sengit di pinggir lapangan dengan staf dari klub Turki itu tampaknya menuduh wasit keempat Rumania itu menggunakan istilah rasis. FRANCK FIFE / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Laga Paris Saint-Germain ( PSG) vs Istanbul Basaksehir terpaksa dihentikan pada pertengahan babak pertama seusai wasit diduga mengucapkan kata hinaan bernada rasial.

Duel PSG vs Istanbul Basaksehir merupakan laga keenam Grup H Liga Champions yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Selasa (8/12/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Pada menit ke-14, terjadi insiden adu mulut yang melibatkan asisten pelatih Istanbul Basaksehir, Pierre Webo, dengan wasit keempat, Sebastian Coltescu.

Dikutip dari situs The Independent, Sebastian Coltescu disebut menghina Pierre Webo dengan sebutan "negro".

Baca juga: Bukan RB Leipzig atau PSG, Tim Ini yang Sebabkan Manchester United Gagal ke 16 Besar Liga Champions

Baca juga: Aksi Mengejutkan Wasit Buat PSG dan Basaksehir Tinggalkan Lapangan dan Mogok Main

Wasit Rumania Ovidiu Hategan (dengan warna kuning) melewati gelandang Italia Paris Saint-Germain Marco Verratti (CL) setelah pertandingan ditangguhkan di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. Pertandingan Liga Champions Paris Saint-Germain yang menentukan melawan Istanbul Basaksehir ditangguhkan hari ini di babak pertama karena para pemain mundur di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan.
FRANCK FIFE / AFP
Wasit Rumania Ovidiu Hategan (dengan warna kuning) melewati gelandang Italia Paris Saint-Germain Marco Verratti (CL) setelah pertandingan ditangguhkan di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. Pertandingan Liga Champions Paris Saint-Germain yang menentukan melawan Istanbul Basaksehir ditangguhkan hari ini di babak pertama karena para pemain mundur di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan. FRANCK FIFE / AFP (FRANCK FIFE / AFP)

Ucapan Sebastian Coltescu itu kemudian membuat Pierre Webo bereaksi keras sampai wasit utama, Ovidiu Hategan, mengeluarkan kartu merah.

Webo diusir wasit karena dianggap membuat keributan di tengah pertandingan.

Meski sudah diusir wasit, Webo yang masih tidak terima terus menekan Sebastian Coltescu dengan berkali-kali mengucapkan, "mengapa kamu mengucapkan kata negro?"

Baca juga: HASIL Liga Champions: MU Gagal ke Babak 16 Besar, Solskjaer: Kami Tak Perlu Dikasihani

Baca juga: HASIL Klasemen Liga Champions Grup E - Imbang, Chelsea Juara Grup & Sevilla Bekuk Rennes

Baca juga: Hasil Klasemen Grup F Liga Champions - Dortmund Melenggang Mulus, Lazio Ukir Kenangan Manis

BERITA TERKAIT

Insiden itu kemudian langsung membuat semua pemain dan staf pelatih kedua tim menghampiri wasit utama Ovidiu Hategan untuk meminta penjelasan.

Striker Istanbul Basaksehir, Demba Ba, menjadi salah satu pemain yang paling bereaksi keras atas insiden tersebut.

Demba Ba mengikuti jejak Webo dengan menghampiri Sebastian Coltescu untuk meminta penjelasan dengan nada marah.

Demba Ba terlihat marah besar di hadapan Sebastian Coltescu ketika mengucapkan beberapa kalimat protes, yakni:

"Anda tidak mungkin mengucapkan kalimat 'pria kulit putih ini'. Jadi, mengapa Anda mengucapkan kalimat 'pria kulit hitam ini (negro)'. Dengarkan saya, apakah Anda harus mengucapkan kata-kata itu (negro)?"

Penyerang Prancis Istanbul Basaksehir Demba Ba (2ndR) bereaksi melewati penyerang Paris Saint-Germain asal Brasil Neymar (kiri) dan penyerang Prancis Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (2ndL) selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020.
FRANCK FIFE / AFP
Penyerang Prancis Istanbul Basaksehir Demba Ba (2ndR) bereaksi melewati penyerang Paris Saint-Germain asal Brasil Neymar (kiri) dan penyerang Prancis Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (2ndL) selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. FRANCK FIFE / AFP (FRANCK FIFE / AFP)

Berikut adalah cuplikan video yang memperlihatkan Webo dan Demba Ba melakukan protes terhadap Sebastian Coltescu:

Dikutip dari situs BBC Sport, Demba Ba kemudian meminta semua pemain Istanbul Basaksehir untuk tidak melanjutkan pertandingan dan masuk ke ruang ganti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas