Superskor

Liga 1

Tessa Witarsa: Kompetisi Liga 1 Masih di Bawah Standar FIFA, Kinerja Wasit Harus Dievaluasi

Hal yang masih di bawah standar yakni soal kepemimpinan wasit dalam pertandingan yang kerap melakukan kesalahan mengambil keputusan di Liga 1.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Tessa Witarsa: Kompetisi Liga 1 Masih di Bawah Standar FIFA, Kinerja Wasit Harus Dievaluasi
Bolanas.com
Momen kontroversial gol Jose Wilkson yang tidak disahkan wasit dalam laga Persebaya vs Persela (21/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pecinta sepakbola Indonesia yang juga cucu dari legenda sepakbola Endang Witarsa, Tessa Witarsa menilai kompetisi Liga 1 musim ini masih di bawah standar.

Tessa memaklumi itu terjadi karena kompetisi sudah terhenti selama satu tahun setengah dan saat ini diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu ia meminta kepada PSSI agar di musim depan jalannya kompetisi bisa lebih baik lagi.

“Kalau sekarang saya melihatnya ini belum dibilang kompetisi ya karena jauh di bawah standar FIFA. Jadi ini anggap saja pemanasan untuk nanti star lagi tahun depan. Tahun depan PSSI bagaimana caranya harus membuat kompetisi lebih bermutu lagi,” kata Tessa kepada Tribunnews beberapa hari lalu di Stadion PTIK, Jakarta.

Baca juga: Persija Vs Persebaya, Angelo Alessio Singgung Soal Objektivitas Wasit Liga 1

Sejumlah pesepak bola Persija Jakarta dan Arema FC melakukan protes kepada wasit Oki Dwi Putra saat melawan Arema FC dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021) malam. Pada pertandingan tersebut, Persija takluk dari Arema FC dengan skor 0-1 (0-1). Tribunnews/Muhammad Nursina
Sejumlah pesepak bola Persija Jakarta dan Arema FC melakukan protes kepada wasit Oki Dwi Putra saat melawan Arema FC dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021) malam. Pada pertandingan tersebut, Persija takluk dari Arema FC dengan skor 0-1 (0-1). Tribunnews/Muhammad Nursina (Tribunnews/Muhammad Nursina)

Hal yang ia soroti dan dinilai kompetisi musim ini masih di bawah standar yakni soal kepemimpinan wasit dalam pertandingan yang kerap melakukan kesalahan mengambil keputusan.

Menurutnya hal tersebut harus benar-benar dibenahi mengingat keputusan wasit berdampak buruk kepada tim dan memunculkan polemik di suporter.

“Kalau kita lihat mutu wasit itu akan jadi bumerang, jadi pemicu keributan karena ketidakadilan wasit. Sekarang kita tahun hampir semua pecinta sepakbola sudah tahu misal aturan offside, mereka sudah pada pintar,” jelas Tessa.

Baca juga: Sorotan Wasit Liga 1, Bagas Kaffa Dilanggar di Dalam Kotak, Tak Ada Penalti Cuma Tendangan Bebas

“Jadi hal-hal seperti itu yang harus dievaluasi. Tidak Cuma wasit, banyak hal lainnya yang harus dibenahi agar kompetisi musim depan bisa sempurna lagi,” sambungnya.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 kini sudah memasuki pekan kesembilan dan berada di seri dua yang diadakan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas