Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Malaysia Vs Indonesia: Garuda Siap Ganyang Malaysia, Bidik Kemenangan Meski Hanya Perlu Satu Poin

Indonesia hanya membutuhkan hasil seri pada pertandingan terakhir fase grup B AFF Suzuki Cup 2020 melawan Malaysia untuk lolos ke semifinal.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Malaysia Vs Indonesia: Garuda Siap Ganyang Malaysia, Bidik Kemenangan Meski Hanya Perlu Satu Poin
AFFSUZUKICUP.COM
Sejumlah pemain Timnas Indonesia sujud syukur seusai menekuk Laos 5-1 dalam penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA- Indonesia hanya membutuhkan hasil seri pada pertandingan terakhir fase grup B AFF Suzuki Cup 2020 melawan Malaysia untuk lolos ke semifinal.

Duel timnas Garuda melawan Harimau Malaya akan digelar di Singapore National Stadium pada Minggu (19/12) malam WIB.

Meski hasil satu poin dalam pertandingan melawan Malaysia sudah cukup bagi Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal, namun tim Indonesia tetap akan berusaha untuk memenangkan laga melawan Malaysia ini.

Indonesia dan Malaysia akan bentrok dalam pertandingan terakhir sekaligus penentuan siapa yang akan lolos ke semifinal dari Grup B.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (pssi.org)

Kemungkinan besar, yang lolos ke semifinal itu adalah satu tim dari pemenang laga antara Indonesia melawan Malaysia dan satu tim lainnya adalah Vietnam yang akan menghadapi Kamboja pada pertandingan terakhir.

Indonesia akan lolos babak semifinal jika berhasil meraih hasil seri atau menang dalam pertandingan ini.
Sedangkan bagi Malaysia, membutuhkan kemenangan agar bisa menyelamatkan nasib mereka untuk bisa lolos babak semifinal.

Meskipun meraih satu poin akan mengamankan Indonesia ke empat besar untuk pertama kalinya sejak 2016, bermain untuk hasil imbang bukanlah cara yang ingin dilakukan pelatih Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020. (PSSI.ORG)
BERITA TERKAIT

"Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa kami memiliki keunggulan tetapi kemudian hasil pertandingan dapat berubah kapan saja sehingga kami harus fokus dan mendekati pertandingan dengan mentalitas yang kuat," kata Shin Tae-yong dikutip dari situs resmi AFF Suzuki Cup.

"Anda melihat dalam pertandingan melawan Vietnam bahwa kami bermain melawan tim terbaik di turnamen jadi kami harus bermain dengan cara tertentu," katanya.

"Tetapi melawan Malaysia mereka memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda dan kami akan bermain dengan cara terbaik untuk memanfaatkan kelemahan itu," katanya.

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/khairishah)

Satu hal yang menjadi kabar baik bagi timnas Garuda adalah mereka mendapat suntikan tambahan skuat baru. Akan ada satu tambahan kunci pemain di tim.

"Kami akan memiliki Elkan Baggott dan juga tidak ada masalah cedera dengan Evan Dimas meskipun Egy Maulana masih belum tersedia," kata Shin Tae-yong.

Elkan Baggott adalah pemain Indonesia yang bermain untuk klub Ipswich Town U-23. Pemain berusia 19 itu tampil di posisi bek. Ini adalah laga ketiga Elkan Baggot bersama timnas Indonesia.

Elkan Baggott menjalani latihan perdananya bersama Timnas Indonesia
Elkan Baggott menjalani latihan perdananya bersama Timnas Indonesia (Instagram @PSSI)

Sementara itu, bagi Malaysia mereka sangat mengincar kemenangan di pertandingan ini. Jika gagal, runner-up dari turnamen AFF Suzuki Cup edisi sebelumnya akan tersingkir di babak penyisihan grup.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas