Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kunci Timnas U16 Indonesia Juara Piala AFF: Taktik Bima Sakti, Ketajaman Kafiatur & Etos Kerja Iqbal

Timnas U16 Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di laga final pada Jumat, (12/8/2022).

Penulis: deivor ismanto
Editor: Claudia Noventa
zoom-in Kunci Timnas U16 Indonesia Juara Piala AFF: Taktik Bima Sakti, Ketajaman Kafiatur & Etos Kerja Iqbal
Instagram/pssi
Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFF U16: Taktik Bima Sakti, Ketajaman Kafiatur & Etos Kerja Iqbal - Selebrasi gol Kafiatur seusai mencetak gol pembuka Timnas U16 Indonesia ke gawang Vietnam di final Piala AFF U16 2022, Sabtu (12/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas U16 Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di laga final pada Jumat, (12/8/2022) malam WIB.

Gol tunggal Kafiatur Rizky di penghujung babak pertama cukup mengantar Timnas U16 Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF U16 2022.

Sebuah kado yang manis bagi Bangsa Indonesia yang akan berulang tahun di tanggal 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Timnas U16 Indonesia Juara Piala AFF U16 2022: Sejarah Bima Sakti & 5 Catatan Mentereng Terukir

Gelandang Timnas Indonesia U-16 Kafiatur Rizky. Pada laga final piala Aff U16 2022, Timnas U16 Indonesia vs Vietnam, Kafiatur mencetak gol indah ke gawang Vietnam lewat tendangan kaki kiri melengkung di ujung babak pertama yang membawa Timnas U-16 Indonesia ungggul 1-0, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022)
Gelandang Timnas Indonesia U-16 Kafiatur Rizky. Pada laga final piala Aff U16 2022, Timnas U16 Indonesia vs Vietnam, Kafiatur mencetak gol indah ke gawang Vietnam lewat tendangan kaki kiri melengkung di ujung babak pertama yang membawa Timnas U-16 Indonesia ungggul 1-0, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) (Foto: PSSI)

Garuda Muda berhasil menjadi Juara Piala AFF U16 2022 dengan kepala tegak.

Di babak penyisihan grup, pasukan Bima Sakti itu berhasil menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Alhasil, Timnas U16 Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

Pada babak semifinal, meski tertinggal terlebih dahulu, perjuangan Garuda Muda mampu membalikkan keadaan dan mengandaskan perlawanan Myanmar di babak adu pinalti.

BERITA TERKAIT

Dan di partai puncak, konsistensi mampu ditunjukkan oleh Garuda Muda.

Semangat juang dan etos kerja anak-anak muda Timnas U16 Indonesia membara di laga final, Vietnam pun dibuat pualng ke negaranya dengan tangan hampa.

Kecerdasan Bima Sakti

Kecerdasan Bima Sakti dalam membangun skuad serta menerapkan strategi kepada anak asuhnya menjadi hal yang patut untuk disorot.

Diberi kebebasan oleh Shin Tae-yong untuk mengotak-atik strategi, Bima Sakti memilih meninggal pakem 3 bek pelatih asal Korea Selatan itu dan bermain dengan sistem 4-3-3/4-1-4-1.

Bima Sakti paham betul dengan atribut para penggawanya, Timnas U16 Indonesia memiliki etos kerja dan barisan pemain cepat yang mampu menusuk kotak penalti dengan skill individu.

JUMPA PERS- Pelatih Indonesia U16, Bima Sakti dan kiper Andrika Rachman. Ada instruksi khusus yang diberikan pelatih kepada kiper Kiper Andrika Rachman saat adu penalti di semifinal Piala AFF U16.
JUMPA PERS- Pelatih Indonesia U16, Bima Sakti dan kiper Andrika Rachman. Ada instruksi khusus yang diberikan pelatih kepada kiper Kiper Andrika Rachman saat adu penalti di semifinal Piala AFF U16. (Tangkapan layar Twitter)

Baca juga: Final Piala AFF U-16 2022, Pelatih Vietnam Minta Pengamanan Ekstra dari Suporter Timnas Indonesia

Intensitas pressing Garuda Muda begitu ketat, garis pertahanan pasukan Bima Sakti juga sangat tinggi siapapun lawan yang mereka hadapi.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas