Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Disebut Badut oleh Thomas Doll, Shin Tae-yong: Mencaci Saya Sama Saja Mencaci Masyarakat Indonesia

Shin Tae-yong menyebut kalau Thomas Doll berani mencaci-maki dirinya, itu berarti pelatih asal Jerman itu juga mencaci-maki masyarakat Indonesia

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Disebut Badut oleh Thomas Doll, Shin Tae-yong: Mencaci Saya Sama Saja Mencaci Masyarakat Indonesia
Tribunnews/Abdul Majid
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat diwawancarai usai memimpin latihan Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). 

Disebut Badut oleh Thomas Doll, Shin Tae-yong: Mencaci-maki Saya Sama Saja Mencaci-maki Masyarakat Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perseteruan Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong dan Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, pelatih Persija Jakarta tampaknya belum tuntas.

Sebelumnya, Thomas Doll telah meminta maaf atas ucapannya yang menyebut Shin Tae-yong Badut.

Thomas Doll melontarkan pernyataan kontroversial itu menanggapi aksi Shin Tae-yong membintangi sejumlah iklan di televisi setelah mengkritik metode TC Timnas Indonesia U-20 yang dilakukan Shin Tae-yong.

Baca juga: Deretan Kata-Kata Pedas Thomas Doll ke Shin Tae-yong: Seperti Badut Hingga Tak Punya Rasa Hormat

Baca juga: Prestasi Shin Tae-yong Selama Melatih Timnas Indonesia, Pantaskah Disebut Badut oleh Thomas Doll?

Soal komentar kontroversial tersebut, Shin Tae-yong heran dengan perilaku Thomas Doll.

Menurutnya sebagai pelatih kepala, Thomas Doll harus menjadi contoh yang baik dengan menjaga setiap ucapannya.

BERITA TERKAIT

“Sebenarnya sama saja ya, antara kalian juga ada hal yang harus dijaga dan respek sama-sama. Thomas Doll pun sama, kalau mau ada yang dibicarakan ya dijaga. Apalagi ini tempat kerja yang sama, sama-sama di dunia sepakbola,” ujar Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Lapangan A GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

“Perilaku pelatih Persija, Thomas Doll harusnya tak boleh seperti itu dan dia pun harus evaluasi diri,” lanjutnya.

Baca juga: Fakta-Fakta PSM Makassar Kalahkan Persib, Penentu Head to head Maung untuk Juara Liga 1 Sisa Persija

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terlihat membintangi sebuah iklan minuman kopi. Aksi Shin Tae-yong jadi bintang iklan mendapat ledekan dari pelatih Persija, Thomas Doll yang menyebutnya seperti badut.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terlihat membintangi sebuah iklan minuman kopi. Aksi Shin Tae-yong jadi bintang iklan mendapat ledekan dari pelatih Persija, Thomas Doll yang menyebutnya seperti badut. (Kolase Tribunnews - Tangkap Layar Instagram @shintaeyong7777)

Shin Tae-yong bahkan menyebut kalau Thomas Doll berani mencaci-maki dirinya, itu berarti pelatih asal Jerman itu juga mencaci-maki masyarakat Indonesia.

Pasalnya, Shin Tae-yong yang direkrut sejak 2019 silam dipercaya sebagai pelatih Timnas Indonesia mulai dari Timnas U-20, U-23 dan Timnas senior.

“Thomas Doll pasti punya masalah di tim dan begitu juga saya, sama (punya masalah) di timnas. Pasti berbeda-beda pendapat dan keadaannya, itu yang harus sama-sama memahami dan mengerti. Kalau Doll berbicara seperti itu (badut) sama saja dia mencaci maki PSSI dan masyarakat Indonesia. menurut saya 100 persen perilaku Doll itu salah,” ujar Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, perseteruan Thomas Doll dengan Shin Tae-yong bermula dari Shin Tae-yong yang meminta Persija untuk segera melepas pemainnya yang dipanggil Timnas U-20.

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll melakukan aksi salto usai timnya meraih kemenangan dalam laga lanjutan BRI Liga 1 antara Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (28/8/2022) malam. Arema FC kalah di kandang sendiri dengan skor 0-1 (0-1). Gol semata wayang Persija Jakarta dicetak oleh Michael Krmencik. SURYA/PURWANTO
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll melakukan aksi salto usai timnya meraih kemenangan dalam laga lanjutan BRI Liga 1 antara Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (28/8/2022) malam. Arema FC kalah di kandang sendiri dengan skor 0-1 (0-1). Gol semata wayang Persija Jakarta dicetak oleh Michael Krmencik. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)

Akan tetapi, Thomas Doll masih menahan para pemainnya karena menurutnya yang terbaik menempa pemain bukan di TC tapi melalui kompetisi.

Sampai akhirnya, Thomas Doll menyebut Shin Tae yong tidak tahu apa-apa dan sempat menyerang Shin Tae-yong dengan sebutan seperti badut karena tampil di berbagai iklan.

Sementara itu, untuk saat ini dari 30 nama yang dipanggil menjalani TC Timnas U-20, sudah ada 27 pemain yang gabung. Persija terbaru melepas tiga pemainnya ke Timnas U-20 yakni Doni Tri Pamungkas, Cahya Supriadi dan Alfryanto Nico, sedangkan Muhammad Ferarri masih ditahan Thomas Doll.

Sedangkan dua pemain lainnya, Marselino Ferdinan masih berada di Belgia untuk memperkuat tim anyarnya, KMSK Deinze dan Ronaldo Kwateh baru saja resmi bergabung dengan tim asal Turki, Bodrumspor AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas