Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

4 Klub Liga Inggris Paling Cuan di Daftar 25 Besar Forbes: Nomor 1 Bukan Man United atau Liverpool

Siapa klub Liga Inggris paling cuan? Jika Anda menebak Manchester United, Liverpool, atau bahkan sang juara Manchester City, jawaban Anda salah!

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 4 Klub Liga Inggris Paling Cuan di Daftar 25 Besar Forbes: Nomor 1 Bukan Man United atau Liverpool
Paul ELLIS / AFP
Bek Liverpool asal Belanda Virgil van Dijk (Tengah) mengajukan banding atas pelanggaran bola tangan di akhir babak pertama selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield di Liverpool, barat laut Inggris pada 30 April 2023. Paul ELLIS / AFP 

Empat Klub Liga Inggris Paling Cuan di Daftar 25 Besar Forbes: Nomor 1 Bukan Man United atau Liverpool

TRIBUNNEWS.COM - Siapa klub Liga Inggris yang paling menghasilkan untung besar?

Jika Anda menebak Manchester United, Liverpool, atau bahkan sang juara Liga Inggris musim ini, Manchester City, jawaban Anda salah!




Setidaknya, majalah Forbes -hasil riset yang mereka olah sepanjang 2021 hingga 2022 dari data yang dikumpulkan tim-tim NFL, MLB, NBA dan NHL serta tim sepak bola profesional dari seluruh dunia- menyebut kalau Tottenham Hotspur menjadi klub Liga Inggris Premier League paling cuan.  

Forbes memang dikenal akan daftar-daftar perusahaan, klub, dan orang-orang terkaya di dunia.

Baca juga: Suporter Jatuh dari Tribun dan Meninggal di Stadion, Laga River Plate di Liga Argentina Dihentikan

Merujuk pada lansiran Mirror, ada empat klub Liga Inggris dalam daftar tim olahraga paling menghasilkan keuntungkan versi Forbes ini.

Tim-tim yang mengisi daftar 25 besar umumnya didominasi oleh klub-klub football Amerika Serikat (NFL) dan klub basket NBA.

BERITA TERKAIT

Pun, keempat klub dari Liga Inggris Premier League ini mampu berada di antara dominasi itu, satu klub lainnya berasal dari luar Inggris.

Lansiran Forbes menyebut, Tottenham Hotspur adalah klub paling menguntungkan di Liga Inggris selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Bursa Transfer Man United: Erik Ten Hag Ogah Depak David De Gea, Jurrien Timber Kepergok di Wembley

Gelandang Manchester United asal Denmark Christian Eriksen melakukan tendangan bebas saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Tottenham Hotspur dan Manchester United di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 27 April 2023.
Gelandang Manchester United asal Denmark Christian Eriksen melakukan tendangan bebas saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Tottenham Hotspur dan Manchester United di Stadion Tottenham Hotspur di London, pada 27 April 2023. (Glyn KIRK/AFP)

Spurs telah mencatat pendapatan operasional - pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi - sebesar 333 juta poundsterling (setara 414 juta dollar AS) sejak 2020.

Data terbaru dari Forbes juga menunjukkan, pendapatan Spurs itu lebih besar 7 juta pounds (setara 9 juta dolar AS) dari Manchester United yang penya total pendapatan sebesar 324 juta pounds ( atau setara 403 juta dolar AS).

Total cuan Man United ini lebih besar dari rival sekota mereka Manchester City yang meraih keuntungan sebsar 264 juta pounds ( atau setara 329 juta dolar AS).

Gelandang Manchester City Jerman Ilkay Gundogan merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kedua mereka selama pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Manchester United di stadion Wembley, di London, pada 3 Juni 2023.
Gelandang Manchester City Jerman Ilkay Gundogan merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kedua mereka selama pertandingan sepak bola final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Manchester United di stadion Wembley, di London, pada 3 Juni 2023. (Glyn KIRK/AFP)

Liverpool menjadi tim keempat dan terakhir tim Liga Inggris yang duduk di 25 besar daftar Forbes tersebut, dengan keuntungan operasional sebesar 237 juta pounds ( atau setara 295 juta dolar AS).

Kuartet tim Liga Inggris itu semuanya masuk dalam daftar 12 besar dengan rincian:

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas