Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Cetak Hattrick Juara Umum di ASEAN Para Games 2023, Kontingen Indonesia Dapat Guyuran Bonus

Presiden Jokowi siapkan dana miliaran untuk atlet peraih medali & jajaran pelatih yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ASEAN Para Games 2023.

Penulis: Muhammad Ali Yakub
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Cetak Hattrick Juara Umum di ASEAN Para Games 2023, Kontingen Indonesia Dapat Guyuran Bonus
kemenpora.go.id
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo hari Senin (3/7) pagi mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus kepada atlet hingga pelatih yang meraih medali di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Presiden Jokowi siapkan dana miliaran untuk atlet peraih medali & jajaran pelatih yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di ASEAN Para Games 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali di ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Diketahui, ada total sebesar Rp. 320,5 miliar siap mengguyur para atlet yang berprestasi.

Sementara, penyerahan bonus tersebut dilakukan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023) pagi hari.

Tak hanya para atlet yang meraih medali emas, perak dan perunggu, ternyata jajaran pelatih dan asisten pelatih juga mendapatkan hadiah.

Presiden Jokowi serahkan bonus kepada Atlet Indonesia yang ikut ASEAN Para Games 2023 di Istana Merdeka, 3 Juli 2023
Presiden Jokowi serahkan bonus kepada Atlet Indonesia yang ikut ASEAN Para Games 2023 di Istana Merdeka, 3 Juli 2023 (Youtube Setpres)

Baca juga: Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Misi Hattrick Terbayar Lunas

"Terima kasih, bangsa, negara dan rakyat sangat bangga dengan bapak ibu dan saudara sekalian yang telah berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games 2023 Kamboja," ucap Presiden Jokowi, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Diketahui, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan total raihan medali 158 emas, 148 perak dan 95 perunggu.

Bahkan, torehan tersebut merupakan hat-trick Indonesia raih juara umum dalam ajang ASEAN Para Games.

BERITA TERKAIT

Diketahui sebelumnya Indonesia sempat keluar jadi juara umum pada tahun 2017 dan 2022.

"Berkat kegigihan bapak ibu dan saudara-saudara sekalian Indonesia berhasil membawa pulang 158 medali emas, 148 perak dan 95 perunggu. Ini capaian yang luar biasa," tambah Presiden Jokowi.

"Dan untuk itu pemerintah akan memberikan bonus untuk para atlet pelatih dan asisten pelatih. Anggarannya siap Bu Menteri Keuangan? Karena ini yang harus disiapkan tidak kecil yaitu sebesar Rp. 320, 5 miliar."

Sementara, Menpora Dito mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang sudah berkenan menerima dan memberikan bonus bagi olahragawan, pelatih dan asisten pelatih

Menpora Dito juga menyampaikan raihan kontingen Indonesia di Asean Para Games 2023 Kamboja adalah 158 medali emas, 148 medali perak, 95 medali perunggu dan menjadi juara umum.

Raihan tersebut berhasil diukir oleh 237 orang dari total semua atlet yang berjumlah 268.

Dengan rincian 126 orang atlet meraih medali emas, 91 orang atlet meraih medali perak, 20 orang atlet meraih medali perunggu.

"Alhamdulilah kontingen Indonesia di ajang Asean Para Games 2023 Kamboja berhasil meraih 158 emas, 148 perak dan 95 perunggu. Capaian ini sekaligus menjadikan Indonesia hattrick juara umum," ujar Kemepora Dito

"Prestasi ini sesuai dengan target yaitu sebagai juara umum, dan Indonesia tiga kali berturut turut sebagai juara umum yaitu pada asean para games 2017, 2022 dan 2023," tambah Dito.

Lalu, Menpora Dito juga menambahkan bahwa kontingen indonesia juga menjadi juara umum untuk 6 cabang olahraga.

Seperti cabor para bulutangkis (13 emas, 9 perak, 8 perunggu), para catur (15 emas, 17 perak, 8 perunggu), judo tuna netra (11 emas, 5 perak), para angkat berat (17 emas, 8 perak, 6 perunggu), voli duduk (1 emas, 1 perak), dan para tenis meja (31 emas, 16 perak, 17 perunggu).

(Tribunnews.com/Ali)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas