Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ambisi Timnas Inggris untuk Mengganti Gareth Southgate, Tunjuk Pep Guardiola?

Kontrak Gareth Southgate bersama Timnas Inggris akan habis pada 2024 mendatang. FA menunjuk Pep Guardiola sebagai pengganti?

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Ambisi Timnas Inggris untuk Mengganti Gareth Southgate, Tunjuk Pep Guardiola?
Spyros BAKALIS / AFP
Manajer Spanyol Manchester City Pep Guardiola merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Piala Super UEFA 2023 antara Manchester City dan Sevilla di Stadion Georgios Karaiskakis di Piraeus pada 16 Agustus 2023. Kontrak Gareth Southgate bersama Timnas Inggris akan habis pada 2024 mendatang. FA menunjuk Pep Guardiola sebagai pengganti? 

TRIBUNNEWS.COM - Kontrak Gareth Southgate bersama Timnas Inggris akan habis pada 2024 mendatang.

Ada peluang Gareth Southgate akan hengkang dari kursi kepelatihan Timnas Inggris setelah Euro 2024 nanti.

Daily Mail melaporkan bahwa FA (asosiasi sepak bola Inggris) tengah memantau situasi dan mencari suksesor potensial untuk Southgate.

Baca juga: Jack Grealish Absen Bela Timnas Inggris di Dua Laga Kualifikasi Euro 2024 karena Alasan Ini

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dinilai memiliki profil mentereng untuk mengisi posisi kepelatihan di Timnas Inggris.

Namun untuk bisa membawa Pep Guardiola, FA perlu bekerja dengan sangat keras.

Pelatih asal Spanyol itu sama sekali belum pernah memegang posisi kepelatihan di level internasional.

Selain itu, Pep Guardiola juga masih terikat kontrak dengan Manchester City sampai 2025 nanti.

BERITA TERKAIT

Jadi jika FA menginginkannya sebagai pengganti Gareth Southgate, itu berarti Guardiola akan meninggalkan The Citizens sebelum kontraknya habis.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate bertepuk tangan untuk penonton di akhir laga sepak bola perempat final Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris melawan Prancis di Stadion Al-Bayt, di Al Khor, utara Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) waktu setempat. Timnas Inggris gagal melaju ke babak semifinal usai kalah 1-2 dari Timnas Prancis. AFP/PAUL ELLIS
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate bertepuk tangan untuk penonton di akhir laga sepak bola perempat final Piala Dunia Qatar 2022 antara Inggris melawan Prancis di Stadion Al-Bayt, di Al Khor, utara Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) waktu setempat. Timnas Inggris gagal melaju ke babak semifinal usai kalah 1-2 dari Timnas Prancis. AFP/PAUL ELLIS (AFP/PAUL ELLIS)

Mungkin menebus sang pelatih dari Manchester City tak akan menjadi masalah bagi FA.

Sayangnya ada hal rumit lain yang mengitari. Selepas Euro 2024, berarti Guardiola akan meninggalkan klub saat musim baru hampir dimulai.

Jadi agak sulit melihat kesepakatan itu terjadi, kecuali sudah diumumkan jauh-jauh hari sehingga City dapat mencari pengganti.

Skenario lain pun masih bisa saja terjadi, belum ada jaminan Southgate akan meninggalkan Timnas Inggris setelah Euro 2024.

Namun kandidat-kandidat lain kabarnya sedang berada dalam pantauan FA.

Mereka adalah Eddie Howe (Newcastle United) dan Steve Cooper (Nottingham Forest).

Manajer Spanyol Manchester City Pep Guardiola berpose dengan trofi Liga Premier setelah upacara penyerahan setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Chelsea di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 21 Mei 2023. Manchester City memenangkan Liga Premier League untuk kelima kalinya dalam enam musim pada hari Sabtu, mengambil langkah pertama menuju kemungkinan treble emas trofi saat Arsenal yang berada di posisi kedua kalah 1-0 di Nottingham Forest.
Manajer Spanyol Manchester City Pep Guardiola berpose dengan trofi Liga Premier setelah upacara penyerahan setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Chelsea di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 21 Mei 2023. (OLI SCARFF/AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas