Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Cegah Transfer Saga dari Liga Arab Saudi, Delapan Klub Liga Inggris Kompak Bikin Petisi

Cegah transfer saga dari Liga Arab Saudi, delapan klub Liga Inggris kompak bikin petisi untuk melarangnya pada Selasa (21/11/2023) waktu setempat.

Penulis: Muhammad Ali Yakub
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Cegah Transfer Saga dari Liga Arab Saudi, Delapan Klub Liga Inggris Kompak Bikin Petisi
Oli SCARFF / AFP
Pendukung Newcastle United mengenakan jubah berpose dengan plakat 'terjual' saat mereka merayakan penjualan klub ke konsorsium yang dipimpin Saudi, di luar stadion klub di St James' Park di Newcastle upon Tyne di timur laut Inggris pada 8 Oktober 2021. Konsorsium yang dipimpin Saudi menyelesaikan pengambilalihan klub Liga Premier Newcastle United pada 7 Oktober meskipun ada peringatan dari Amnesty International bahwa kesepakatan itu mewakili "pencucian olahraga" dari catatan hak asasi manusia kerajaan Teluk. Cegah transfer saga dari Liga Arab Saudi, delapan klub Liga Inggris kompak bikin petisi untuk melarangnya pada Selasa (21/11/2023) waktu setempat. 

TRIBUNNEWS.COM - Delapan klub Liga Inggris kompak membuat petisi untuk mencegah transfer saga dari Liga Arab Saudi.

Chelsea dan Manchester City adalah dua dari delapan tim yang diduga memberikan suara menentang larangan tersebut.

Dikutip dari Mirror, petisi itu dilayangankan oleh para pemegang saham Liga Inggris pada Selasa (21/11/2023) waktu setempat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah Newcastle United yang memiliki dana investasi dari Arab Saudi untuk merekrut pemain yang saat ini berbasis di Liga Arab Saudi pada jendela transfer Januari mendatang.

Gelandang Inggris Newcastle United #28 Joe Willock (tengah) merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Old Trafford, di Manchester, barat laut Inggris, pada 1 November 2023. ( Paul ELLIS / AFP )
Gelandang Inggris Newcastle United #28 Joe Willock (tengah) merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Old Trafford, di Manchester, barat laut Inggris, pada 1 November 2023. ( Paul ELLIS / AFP ) (Paul ELLIS / AFP)

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Pekan 13: Manchester City vs Liverpool Laga Pembuka, Chelsea dan Man United Away

Nahas, petisi itu tidak disahkan karena gagal memenuhi ambang batas yang disyaratkan yaitu 14 suara.

Pasalnya, hanya ada 8 klub yang menyetujui petisi tersebut.

Sedangkan 12 sisanya mendukung adanya transfer dari Liga Arab Saudi.

BERITA REKOMENDASI

Adapun 8 klub yang menolak ialah Chelsea, Manchester City, Newcastle, Sheffield United, Everton, Wolves, Burnley dan Nottingham Forest.

Berarti, tim elite seperti Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Arsenal turut mendukung adanya transfer dari Liga Arab Saudi.

Larangan dari 8 klub Liga Inggris itu dikarenakan pihak Saudi Public Investment Fund (PIF) memiliki saham mayoritas di 'Empat Besar' yaitu Al-Ittihad, Al-Ahli, Al-Nassr dan Al-Hilal.

Sebagai informasi, Newcastle juga di bawah naungan pihak PIF sejak Oktober 2021 setelah diakusisi.

Dengan gagalnya petisi itu, Newcastle kini bebas merekrut pemain dengan status pinjaman dari klub lain milik Investasi dana dari Arab Saudi 

Newcastle sendiri sempat dikaitkan dengan gelandang Al Hilal, yakni Ruben Neves.

Hal itu dikarenakan stok gelandang The Magpies yang semakin menitipis karena Sandro Tonali mendapat larangan 10 bulan akibat kasus judi.

Meski begitu, Ruben Neves sempat membantah akan transfer tersebut karena dirinya sudah nyaman dengan kehidupannya di Timur Tengah.

Liga Inggris  juga bisa mendapatkan keuntungan dari aturan ini karena banyak tim yang menolak larangan tersebut adalah bagian dari model kepemilikan multi-klub.

Sebagaimana Manchester United yang akan dimiliki oleh sang pemilik tim Ligue 1 OGC Nice, yakni Sir Jim Ratcliffe jika berhasil mengakuisisi 25 persen saham.

(Tribunnews.com/Ali)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas