Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Tak Bisa Disetir, Perjudian Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Situasi pro kontra selalu mengiringi keputusan Shin Tae-yong setiap kali mengumumkan skuad Timnas Indonesia termasuk untuk Piala Asia 2023.

Penulis: Dwi Setiawan
zoom-in Tak Bisa Disetir, Perjudian Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Instagram @shintaeyong7777
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memimpin latihan. Jikalau melihat rekam jejak Shin Tae-yong setiap kali memilih pemain, ia seakan tak bisa disetir oleh pihak manapun. 

TRIBUNNEWS.COM - Situasi pro kontra selalu mengiringi keputusan Shin Tae-yong setiap kali mengumumkan skuad Timnas Indonesia termasuk untuk Piala Asia 2023.

Tak sedikit pihak yang merasa ada beberapa pemain yang tidak layak masuk Timnas Indonesia namun masih tetap mendapat panggilan Shin Tae-yong.

Pada waktu bersamaan, ada beberapa pemain yang dianggap layak dipanggil nyatanya malah diabaikan.

Dinamika tersebut terpantau sering mewarnai pengumuman skuad Timnas Indonesia terutama era Shin Tae-yong.

Baca juga: Miniatur Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Jaga Regenerasi, Tak Ada Kejutan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadiri pre match conference kontra Filipina pada pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (21/11/2023).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadiri pre match conference kontra Filipina pada pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (21/11/2023). (Dok: PSSI)

Hanya saja terlepas dari hal itu, keputusan Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia selayaknya patut dihargai.

Hal ini dikarenakan Shin Tae-yong merupakan sosok yang paling bertanggungjawab terhadap performa dan prestasi Timnas Indonesia.

Ditambah, Shin Tae-yong punya hak prerogatif untuk memilih pemain yang ingin ia masukkan dalam skuadnya di Timnas Indonesia.

BERITA TERKAIT

Dan jikalau melihat rekam jejak Shin Tae-yong setiap kali memilih pemain, ia seakan tak bisa disetir oleh pihak manapun.

Ya, Shin Tae-yong dengan ketegasannya seakan memiliki pemahaman tertentu yang barangkali tidak dimiliki oleh pihak lain yang kerapkali menyudutkannya.

Hal ini mengingat dirinya lah yang mengetahui situasi dan kebutuhan skuad Timnas Indonesia.

Maka tak mengherankan jikalau Shin Tae-yong masih solid dengan prinsipnya ketika melakukan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

Nama pemain seperti Ricky Kambuaya, Egy Maulana dan Witan Sulaeman yang pernah berada di titik terendah karena performanya menurun.

Masih rutin diberikan kesempatan bermain hingga pada akhirnya ketiga kembali menemukan performa terbaiknya.

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (kanan) saat berduel dengan winger Argentina, Alejandro Garnacho (kiri) pada pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (kanan) saat berduel dengan winger Argentina, Alejandro Garnacho (kiri) pada pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023). (Instagram @witansulaeman_)

Begitu pula dengan nama pemain lain yang terlihat mendapatkan perlakuan yang sama.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas