Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia Haus Kemenangan, Pelatih Vietnam Dibayangi Memori Kelam 2 Dekade Silam

Pelatih Vietnam Troussier memiliki kenangan pahit pernah kehilangan pekerjaan dua dekade silam setelah dikalahkan Timnas Indonesia.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Timnas Indonesia Haus Kemenangan, Pelatih Vietnam Dibayangi Memori Kelam 2 Dekade Silam
AFP/KARIM JAAFAR
Pelatih Vietnam miliki memori kelam 20 tahun lalu atas Timnas Indonesia - Penyerang Vietnam (15) Nguyen Dinh Bac merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pada pertandingan Piala Asia 2023 melawan Jepang di Stadion Al-Thumama Minggu, (14 Januari 2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Shin Tae-yong boleh memiliki kenangan pahit tak pernah menang ketika menghadapi Vietnam sejak membesut Timnas Indonesia di berbagai ajang.

Akan tetapi juru taktik Vietnam, Philippe Troussier, juga pernah merasakan perasaan sakit akibat kehilangan pekerjaan gegara Timnas Indonesia.

Dilaporkan TheThao247, pelatih Vietnam Philippe Troussier punya mimpi buruk seusai melawan Timnas Indonesia di Piala Asia. Momen menyakitkan itu terjadi pada Piala Asia 2004 lalu.

Kala itu Troussier menangani timnas Qatar dan kebetulan menghadapi Indonesia di laga perdana babak penyisihan Grup A.

Foto yang diambil pada 13 Januari 2020 ini menunjukkan mantan pemain sepak bola Prancis dan direktur teknis akademi Dana Promosi Bakat Sepak Bola Vietnam (PVF) Philippe Troussier berbicara saat wawancara dengan AFP di provinsi Hung Yen. Setelah berkarir di bidang mie instan, orang terkaya di Vietnam ini paham betul tentang pukulan jarak jauh, dan kini dia mengambil langkah lain: mencoba membawa negaranya yang gila sepak bola ke Piala Dunia pertama mereka.
Foto yang diambil pada 13 Januari 2020 ini menunjukkan mantan pemain sepak bola Prancis dan direktur teknis akademi Dana Promosi Bakat Sepak Bola Vietnam (PVF) Philippe Troussier berbicara saat wawancara dengan AFP di provinsi Hung Yen. Setelah berkarir di bidang mie instan, orang terkaya di Vietnam ini paham betul tentang pukulan jarak jauh, dan kini dia mengambil langkah lain: mencoba membawa negaranya yang gila sepak bola ke Piala Dunia pertama mereka. (Nhac NGUYEN / AFP)

Pertandingan itu berakhir 2-1 untuk kemenangan skuad Garuda.

Gol Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman membawa Indonesia berjaya kala itu sekaligus menjadi kemenangan pertama skuad Garuda di pentas Piala Asia.

Di saat yang bersamaan, hasil tersebut harus dibayar mahal oleh Troussier

BERITA REKOMENDASI

Ekspektasi tinggi Qatar terhadap Troussier karena menjuarai Piala Asia 2000 bersama Jepang berbuah petaka. Kekalahan memalukan itu langsung membuat federasi Qatar mengambil keputusan.

Troussier dipecat dua hari setelah pertandingan melawan Indonesia. Padahal Troussier masih punya kesempatan dalam laga-laga berikutnya.

Di satu sisi, Troussier memang berniat hengkang dari timnas Qatar selepas Piala Asia 2004.

Namun federasi Qatar memilih berpisah lebih cepat dengan eks juru taktik Pantai Gading dan Nigeria tersebut.

Baca juga: Prediksi Skor Vietnam vs Indonesia di Piala Asia, Head to Head, Line Up, Link Live Streaming

Troussier kembali akan berjumpa dengan tim yang menghadirkan mimpi buruk kepadanya hampir dua dekade lalu. Vietnam akan berjumpa Indonesia di laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024)

Jurus Sakti Pelatih Vietnam Kalahkan Timnas Indonesia

Sebagai tim yang lebih difavoritkan keluar sebagai pemenang, pelatih Vietnam punya resep jitu untuk mengalahkan Timnas Indonesia.

Troussier mengatakan, kunci untuk mengalahkan Timnas Indonesia adalah pada penguasaan bola.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas