Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kata Media Asing untuk Timnas Indonesia: 3 Poin Cukup untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

ESPN mengklaim Timnas Indonesia tinggal tunggu waktu lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Vietnam 1-0.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Kata Media Asing untuk Timnas Indonesia: 3 Poin Cukup untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
AFP/KARIM JAAFAR
Para pemain Timnas Indonesia melambai kepada para penggemar di penghujung pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas Indonesia benar-benar menjungkir-balikkan prediksi di Piala Asia 2023 setelah membungkam Vietnam 1-0 melalui lesakan penalti Asnawi Mangkualam, Jumat (19/1/2024).

Tiga poin perdana Timnas Indonesia pada fase Grup D Piala Asia 2023 sekaligus membuka asa tim besutan Shin Tae-yong lolos ke babak 16 besar.

Menariknya, media asing ternama ESPN, membuat pernyataan mengejutkan soal Timnas Indonesia. 




Dalam artikelnya berjudul "Indonesia coming of age at AFC Asian Cup with crucial win over Vietnam", mengklaim Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 tinggal menunggu waktu saja.

Bek Indonesia #06 Sandy Walsh, bek #05 Rizky Ridho dan gelandang Indonesia #24 Ivar Jenner merayakan kemenangan mereka saat bek Vietnam #03 Vo Minh Trong berjalan melewatinya di akhir pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC 2023 Qatar antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.
Bek Indonesia #06 Sandy Walsh, bek #05 Rizky Ridho dan gelandang Indonesia #24 Ivar Jenner merayakan kemenangan mereka saat bek Vietnam #03 Vo Minh Trong berjalan melewatinya di akhir pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC 2023 Qatar antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. (KARIM JAAFAR / AFP)

Asnawi Mangkualam dan kolega memang benar-benar mengukir hasil plot twist saat bersua Vietnam.

Sejumlah media luar negeri seperti Sportsmole hingga AFC sekalipun, menempatkan Vietnam sebagai pemenang pada pertandingan bertajuk Derbi Asia Tenggara ini.

Namun status Vietnam yang unggul di atas kertas tidak menjadi tolak ukur mutlak. Bahkan sebaliknya, anak asuh Shin Tae-yong yang cenderung di pandang sebelah mata mampu memetik kemenangan.

BERITA TERKAIT

Hasil positif ini sekaligus mengubur mimpi Vietnam. Mereka dipastikan tak lolos ke babak 16 besar alias angkat koper dari turnamen sepak bola paling bergengsi di Benua Asia ini.

Sebaliknya, Timnas Indonesia menuju pintu gerbang sejarah untuk lolos ke babak 16 besar.

ESPN secara jelas mengklaim raihan 3 poin yang dimiliki Timnas Indonesia cukup untuk membawa mereka melangkah lebih jauh.

"Meskipun dua tim teratas di masing-masing enam grup dijamin mendapat tempat di babak 16 besar, empat tim peringkat ketiga dengan performa terbaik juga akan lolos, dengan sejarah menunjukkan bahwa tiga poin biasanya cukup untuk mendapatkan peluang yang layak," bunyi pernyataan ESPN.

Baca juga: Perjudian Shin Tae-yong Berbuah Manis, Justin Hubner Makin Nyetel di Timnas Indonesia

Faktanya saat ini Timnas Indonesia menduduki posisi teratas di tabel klasemen tiga terbaik. 

Indonesia nangkring di urutan pertama bermodal tiga poin, diikuti Suriah (1), Tajikistan (1), Palestina (1), Oman (0), dan Bahrain (0).

Akan tetapi jalur tiga besar tidak bisa lantas menjadi tumpuan utama bagi Timnas Indonesia karena persaingan bakal berlangsung sengit. Ada momen nasib skuad Shin Tae-yong lolos ke 16 besar bergantung kepada hasil lain.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat mengawal para pemainnya menghadapi Irak pada pertandingan grup D Piala Asia 2024 di  Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat mengawal para pemainnya menghadapi Irak pada pertandingan grup D Piala Asia 2024 di  Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024). (dok: PSSI)

Cara Ampuh Lolos ke 16 Besar

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas