Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Eksistensi BRI Liga 1 & Pengaruhnya terhadap Tumbuh Kembang bagi Pelaku Usaha UMKM

Eksistensi BRI Liga 1 2023/2024 dan pengaruhnya terhadap tumbuh kembang pelaku UMKM sepak bola nasional termasuk bagi Owner toko Gila Bola Klaten.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Eksistensi BRI Liga 1 & Pengaruhnya terhadap Tumbuh Kembang bagi Pelaku Usaha UMKM
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Ilustrasi - Eksistensi BRI Liga 1 2023/2024 dan pengaruhnya terhadap tumbuh kembang pelaku UMKM sepak bola nasional. 

TRIBUNNEWS.COM - Kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024 terus menjaga eksistensinya agar dapat memberikan kontribusi positif khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tak bisa dipungkiri, keberadaan BRI Liga 1 sebagai kompetisi #BolaPemersatuBangsa telah memberikan efek domino yang positif baik di dalam maupun luar lapangan.

Salah satu pihak yang otomatis ketiban berkah dari keberlangsungan BRI Liga 1 yakni para pelaku UMKM di berbagai wilayah Indonesia.




Ya, para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang olahraga terutama sepak bola jelas merasakan betul pengaruh positif dari adanya kompetisi BRI Liga 1.

Mulai dari pelaku UMKM yang bergerak pada penjualan jersey, syal, dan berbagai atribut sepak bola lainnya jelas terbantu dengan adanya kompetisi BRI Liga 1.

Belum lagi para pelaku UMKM lainnya yang bergerak di bidang penyediaan makanan, minuman, transportasi, hingga penginapan yang secara tidak langsung merasakan hal sama.

Baca juga: BRI Liga 1 2023/2024, Panggung Pemain Muda Mendunia & Sinkronisasi Sepak Bola Indonesia

Logo BRI Liga 1.
Logo BRI Liga 1. Kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024 terus menjaga eksistensinya agar dapat memberikan kontribusi positif khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso pernah menyampaikan bahwa kehadiran kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024 mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap perputaran uang di masyarakat.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan riset terbaru yang pernah dikeluarkan BRI Research Institute pada Juni 2023 lalu.

Pihak penyelenggara pun sempat mengklaim bahwa jumlah perputaran uang yang dipengaruhi adanya kompetisi BRI Liga 1 mencapai Rp9 Trilliun bagi perekonomian nasional.

"Dari perputaran uang tersebut dapat tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp4,8 Trilliun, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp1,8 Trilliun," ujar Sunarso dalam keterangan yang diterima Tribunnews pada Minggu (2/7/2023) lalu.

"Potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp721 Milliar, serta penciptaan kesempatan kerja sekitar 44 ribu," tukasnya menambahkan.

Merujuk pada apa yang disampaikan Sunarso, kompetisi BRI Liga 1 nyatanya memang memberikan pengaruh positif bagi perekenomian nasional.

Tingginya nilai perputaran uang dari pengaruh kompetisi BRI Liga 1 setidaknya mampu menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan nasional.

Sekaligus menumbuhkembangkan potensi pendapatan pelaku usaha yang bergerak di dunia UMKM.

Halaman
1234

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas