Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pembagian Plot Kompetisi Eropa: 5 Tim Segel Posisi, Chelsea & Manchester United Rebutan Nasib

Mau bagaimana pun Liga Inggris hanya berhak mengirimkan tujuh wakil ke kompetisi level Eropa. Maka Chelsea dan Manchester United perlu bersaing.

Penulis: Bayu Satriyo Panegak
Editor: Drajat Sugiri
zoom-in Pembagian Plot Kompetisi Eropa: 5 Tim Segel Posisi, Chelsea & Manchester United Rebutan Nasib
AFP/OLI SCARFF
Gelandang Manchester United dan Brasil, Antony (2 dari kiri) terluka dalam tantangan ini dengan bek Chelsea Inggris Trevoh Chalobah (kiri) selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Chelsea di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada 25 Mei 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Klasemen akhir Liga Inggris 2023/2024 menerangkan jatah klub di kompetisi Eropa yaitu, Liga Champions, Liga Eropa dan Liga Konferensi Eropa musim depan.

Di mana dari tangga klasemen akhir telah dipastikan lima tim Liga Inggris mengunci plot untuk pertandingan Benua Biru musim 2024/2025.

Untuk Manchester City, Arsenal, Liverpool dan Aston Villa, berhak tampil di Liga Champions setelah berurutan finish di posisi puncak hingga peringkat ke-4 klasemen akhir Liga Inggris.

Bagi Aston Villa catatan ini merupakan bersejarah karena berhasil kembali ke Liga Champions setelah absen selama 41 tahun (1982/1983).

Sedangkan untuk Tottenham Hotspur yang finish di peringkat ke-5 berhak mendapatkan jatah penampilan ke Liga Eropa.

Lalu tim yang bakal menemani Spurs di kompetisi tersebut masih menjadi bahan rebutan antara Chelsea dan Manchester United.

Dilansir melalui Nbcsports, mau bagaimana pun Liga Inggris hanya berhak mengirimkan tujuh wakil ke kompetisi level Eropa.

Gelandang Manchester United Portugal, Bruno Fernandes (tengah) bereaksi setelah tendangan penaltinya berhasil diselamatkan selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United vs Chelsea di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, Kamis 7 Desember 2023.
Gelandang Manchester United Portugal, Bruno Fernandes (tengah) bereaksi setelah tendangan penaltinya berhasil diselamatkan selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United vs Chelsea di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, Kamis 7 Desember 2023. (OLI SCARFF / AFP)
BERITA TERKAIT

Maka antara Chelsea dan Manchester United bakal memperebutkan satu tiket tersisa ke zona Liga Eropa musim depan.

Bagi Chelsea yang finish di peringkat ke-6 klasemen, masih perlu menunggu hasil pertandingan final Piala FA antara Manchester City vs Manchester United (25/5/2024).

Di mana tiket ke turnamen Liga Eropa akan ditentukan salah satunya melalui pemenangan Piala FA.

Sang juara akan menemani Spurs ke kompetisi kasta kedua benua biru tersebut.

Baca juga: Klasemen Akhir Liga Inggris: Manchester City Juara, MU Masih Bisa ke Liga Eropa Meski Finis Posisi 8

Dalam konteks ini, jika yang menjadi juara ialah Manchester United maka Setan Merah-lah yang melaju ke Liga Eropa.

Walhasil hak dari Chelsea yang berada di peringkat ke-6 klasemen bakal melorot ke Liga Konferensi Eropa.

Sehubungan itu Chelsea juga bakal mendepak jatah Newcastle United yang berada di peringkat ke-7 klasemen akhir Liga Inggris.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas