Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Aturan Perebutan Sepatu Emas Euro 2024 Diubah Dadakan, Dani Olmo Dirugikan UEFA

UEFA secara dadakan merubah aturan penentuan perebutan sepatu emas dalam bursa top skor Euro 2024. Pemain Spanyol, Dani Olmo dirugikan.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Aturan Perebutan Sepatu Emas Euro 2024 Diubah Dadakan, Dani Olmo Dirugikan UEFA
FRANCK FIFE / AFP
Pemain depan Spanyol bernomor punggung 10 Dani Olmo merayakan gol bunuh diri Prancis dan gol kedua Spanyol setelah tendangannya selama pertandingan semifinal UEFA Euro 2024 antara Spanyol dan Prancis di Munich Football Arena di Munich pada 9 Juli 2024. (Foto oleh FRANCK FIFE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Perubahan aturan perebutan Sepatu Emas Euro 2024 dalam persaingan gelar top skor, merugikan Dani Olmo. Faktanya, perubahan regulasi perburuan Sepatu Emas Euro 2024 akan menempatkan 6 pemain memperoleh penghargaan yang sama.

Ajang Euro 2024 telah mencapai laga puncak, di mana Spanyol dan Inggris akan saling sikut demi gelar juara di Olympiastadion Berlin, Jerman (15/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Kedua tim mempunyai peluang yang sama untuk mengamankan predikat tim terbaik Euro 2024.




La Roja, julukan Spanyol, berkesempatan untuk kembali mengulang prestasi 2012 saat terakhir kali menjuarai Euro. Sedangkan Inggris, skuad asuhan Gareth Southgate dapat mengukir sejarah kali pertama juara Euro jika sukses membungkam Spanyol.

Penyerang Inggris #09 Harry Kane melepaskan tendangan penalti untuk menyamakan kedudukan 1-1 selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di Stadion BVB di Dortmund pada 10 Juli 2024.
Penyerang Inggris #09 Harry Kane melepaskan tendangan penalti untuk menyamakan kedudukan 1-1 selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di Stadion BVB di Dortmund pada 10 Juli 2024. (Odd ANDERSEN / AFP)

Euro 2024 tidak hanya menyoal tim terbaik, namun juga siapa pencetak gol paling ulung di turnamen major empat tahunan ini.

Menjelang laga final, terdapat enam pemain yang berbagi pundi-pundi gol, yakni 3 lesakan, dalam perburuan Sepatu Emas Euro 2024.

Keenamnya meliputi Cody Gakpo (Belanda), Dani Olimo (Spanyol, Georges Mikautadze (Georgia), Harry Kane (Inggris), Ivan Schranz (Slovakia) dan Jamal Musiala (Jerman).

BERITA TERKAIT

Dua pemain berada di laga final dan menjadi wakil dari Spanyol dan Inggris. Pemain yang dimaksud adalah Harry Kane dan Dani Olmo.

Mencetak gol di laga final, memperbesar keduanya untuk merengkuh penghargaan individu pencetak gol terbanyak di Euro 2024 Jerman.

Berkaca dari regulasi edisi sebelumnya, penyandang Sepatu Emas Euro, jika ada pemain dengan jumlah lesakan sama, maka ditentukan melalui banyaknya assist yang diberikan sepanjang turnamen.

Sebagai contoh Euro 2020 saat Cristiano Ronaldo dan Patrik Schick sama-sama mengemas 5 lesakan. Namun CR7 berhak menggondol titel Sepatu Emas Euro kala itu karena memiliki jumlah assist lebih banyak dari penyerang berkebangsaan Republik Ceko itu.

Baca juga: Hasil Final Euro 2024 Bakal Ubah Sejarah Inggris di Mata Sepak Bola Eropa dan Dunia

Dalam laporan givemesport, UEFA merubah regulasi itu di Euro 2024. Aturan penentuan top skor Euro 2024 murni berdasarkan dari jumlah gol.

Sementara di edisi Euro sebelumnya, ada aturan untuk menentukan peraih gelar Golden Boot di Euro jika jumlah gol sama.

Peraturan sebelumnya adalah, jika jumlah gol sama, maka pemenang top skor Piala Eropa ditentukan melalui jumlah assist dan kemudian jumlah menit bermain paling sedikit.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas